Loading...

Rumah yang Tertimpa Pohon Setinggi 100 Meter Ternyata 3, Korbannya 5 Orang, dan 4 Unit Motor Ikut Rusak

KUNINGAN (OKE)- Hasil pendataan dari BPBD Kuningan terhadap insiden pohon beringin yang tumbang di Dusun Mulya Asih 1 RT 25/08 Desa Puncak Kecamatan Cigugur  ternyata tiga rumah bukan satu rumah seperti yang pertama dilaporkan. Korban pun bertambah menjadi 5 orang.

Sementara bukan hanya rumah dan 5 orang yang menjadi korban, alat-alat rumah tangga pun ikut hancur. Bahkan 4 unit kendaraan motor dilaporkan rusak berat. Insiden ini terjadi pada Selasa (12/3/2024) pukul 03.30 WIB.

BPBD Kuningan bersama Damkar, warga serta perangkat desa, Polri dan TNI melakukan pembersihan pohon dan baru kelar pada siang hari. Pohon yang tumbang sendiri jenis beringin dengan ukuran tinggi 100 meter dan diameter 1-6 meter. 

Adapun tiga rumah yang tertimpa pohon berusia ratusan tahun itu adalah  Agus (43), rumah dihuni 4 jiwa dan dua orang dibawa ke RS. Lalu, Rumah Parli (62) yang dihuni 5 jiwa dan ada 3 orang yang dilarikan ke RS. 

Kemudian,  rumah Alhari (50) dihuni 6 jiwa dan tidak ada korban. Kondisi bangunan sendiri tidak separah Agus. Mereka yang 5 orang sudah ditangani di RS Sekarkamulyan Cigugur dan kini dalam proses observasi.

"Selain 3 rumah, 5 korban, juga ada 4 motor rusak, peralatan rumah tangga, mabeler, peralatan elektronik, juga fasilitas umum, saung semi permanen dan 2 unit keranda rusak. Bahkan jalur listrik dan telkom terputus. ," ujar Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana, Selasa siang.

Menurut Kalak, sebelum tumbang memang terjadi hujan ringan yang disertai angin kencang dari pukul 03.00-04.00 WIB. Penanganan pembersihan material bangunan/rumah dan material pohon masih dilaksanakan.

"Pak Pj Bupati Kuningan sudah meninjau lokasi bencana dan juga menengok lima korban di RS Sekarkamulya," ujar Kalak Indra.


Berikut Data 3 Rumah yang tertimpa pohon

 a. Bpk. Agus (43 th, 1 KK 4 jiwa) 2 orang dibawa ke RS. 

 b. Bpk. Parli (62 th, 1 KK 5 jiwa) 3 orang dibawa ke RS. 

 c. Bpk. Alhari (50 th, 2 KK 6 jiwa) rusak ringan. 

2. 5 (lima) orang dibawa ke RS Sekarkamulyan, dan masih dalam proses observasi. 

3. Peralatan rumah tangga, mebeler, peralatan elektronik rusak. 

4. 4 (empat) unit sepeda motor rusak. 

5. Fasilitas Umum, saung semi permanen dan 2 (dua) unit keranda rusak.

6. Jalur listrik dan Telkom terputus.


Posting Komentar untuk "Rumah yang Tertimpa Pohon Setinggi 100 Meter Ternyata 3, Korbannya 5 Orang, dan 4 Unit Motor Ikut Rusak "