Loading...

Agar Data yang Dihasilkan OPD Lebih Akurat, BPS Kuningan Gelar Pembinaan Statistik Sektoral

KUNINGAN (OKE)- Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuningan pada Selasa (5/3/2024) menggelar Pembinaan Statistik Sektoral yang dihelat di Hotel Horison Tirta Sanita. Acara bekerjasama dengan Pemkab Kuningan.

Baik BPS maupun Pemkab Kuningan  terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas data statistik sektoral. Adapun kegiatan ini adalah  data yang dihasilkan oleh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Kabupaten Kuningan lebih akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Harapannya dari kegiatan pembinaan ini, produsen data dapat konsisten terhadap tata kelola data pemerintah yang telah disepakati, menerapkan sistem SDI yang telah ditetapkan, meningkatkan kolaborasi aktif antar Kemernterian/Lembaga/Dinas/Instansi, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti dan kegunaan statistik,” ujar Kepala BPS Kabupaten Kuningan, Irna Afrianti.

Sementara, Staff Ahli Bupati bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan, Purwadi Hasan Darsoni, S.Hut., M.Sc yang hadir sekaligus membuka kegiatan, mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral yang diinisiasi oleh BPS Kabupaten Kuningan. 

Pihaknya  berharap kolaborasi dan sinergi antara BPS Kabupaten Kuningan dan Pemerintah Daerah semakin kuat karena data sektoral merupakan wujud dari kinerja pemerintah dan Data menjadi dasar pemerintah dalam menjalankan kegiatan serta penentuan kebijakan.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dan sesi tanya jawab interaktif terkait Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS) yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Drs. Ucu Suryana, M.Si, serta pemaparan Metadata Statistik dan Rekomendasi Kegiatan Statistik oleh Tim Pembina Statistik Sektoral.

Kadiskominfo Ucu Suryana, mengatakan BPS berperan sebagai pembina data, sementara Diskominfo sebagai walidata. Kerjasama antara BPS dan Diskominfo sangat penting untuk memastikan produksi data yang akurat dan berkualitas.

“Data yang baik, data yang akurat tersebut kemudian akan digunakan oleh OPD dalam perencanaan kegiatan dan pengambilan keputusan kebijakan,” ucap Kadis Kominfo

Kegiatan pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara OPD dalam produksi data yang berkualitas, sehingga kegiatan pembangunan yang direncanakan dapat tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Kuningan.(rdk)

Posting Komentar untuk "Agar Data yang Dihasilkan OPD Lebih Akurat, BPS Kuningan Gelar Pembinaan Statistik Sektoral"