Loading...

Pj Bupati Kuningan dan Kepala Diskatan Hadir di Acara Tanam dan Petik Cabai Serentak

KUNINGAN (OKE)- Untuk pengendalian inflasi sekaligus mewujudkan ketahanan pangan , Pemerintah Kabupaten Kuningan melakukan tanam dan petik cabai serentak dengan Kelompok Tani Wanita Dewi Sinta.

Kegiatan ini digelar   Kamis (7/3/ 2024) di  di Kebun Agriwisata Terpadu Desa Babatan Kec. Kadugede. Hadir dalam acara Pj. Bupati Kuningan, Ketua TP. PKK Kabupaten Kuningan, Dandim 0615 Kuningan.

Selanjutnya  Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan, Kasatpol PP Kabupaten Kuningan, perwakilan dari DPMD Kabupaten Kuningan. Lalu,  Forkopimcam Kadugede, Pimpinan Bank Kuningan Cabang Kadugede, para Kepala Desa se-Kecamatan Kadugede, KWT Desa Babatan, Pokja PKK dan undangan lainnya. 

Menurut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si  cabai adalah salah satu komoditi pertanian yang termasuk komponen volatile food, yang sering memberikan andil terhadap angka inflasi. 

Harga cabai sering mengalami fluktuasi, tingginya harga cabai disebabkan karena pasokan yang berkurang akibat kondisi cuaca yang kurang mendukung perkembangan tanaman, selain itu juga disebabkan karena meningkatnya biaya produksi . 

Dikatakan, stabilitas harga cabai perlu dijaga agar laju inflasi bisa dikendalikan dan masyarakat bisa membeli cabai dengan harga wajar. Akan tetapi petani cabai masih bisa mendapatkan keuntungan. Karena itu pada hari ini Pemkab Kuningan melakukan pencanangan tanam cabe serentak. 

Lebih lanjut Wahyu mengatakan penggunaan teknologi tepat guna  dan pengembangan jaringan pemasaran cabai sangat diperlukan untuk bisa menjaga stabilitas harga cabai, untuk itu perlu adanya upaya bersama seluruh pihak yang terkait. 

”Semoga dengan adanya kegiatan di Desa Babatan ini, bisa menjadi pemantik dan motivasi bagi masyarakat lainnya di wilayah Kabupaten Kuningan, tidak hanya untuk komoditas cabe saja akan tetapi komoditas pertanian lainnya dapat dibudidayakan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Kuningan," ujarnya.

Posting Komentar untuk "Pj Bupati Kuningan dan Kepala Diskatan Hadir di Acara Tanam dan Petik Cabai Serentak"