Loading...

Ditemukan Sebaran Keramik dan Gerabah di Situs Buyut Suramanggala

 

KUNINGAN (OKE)- Situs Buyut Suramanggala terletak lebih kurang 300 meter ke arah utara dari makam Buyut Ratu Pakuan atau 30 meter  dari Sungai Cisande. Di kompleks situs ini yang terletak  di Dusun Pajanten Desa/Kelurahan : Dukuhmaja Kecamatan  Luragung terdapat makam Suramanggala atau ada pula yang menamakan makam Ki Ageng Luragung. 

Makam ditandai dua nisan berorientasi utara-selatan. Nisan berbentuk batu tegak dengan bentuk tidak beraturan terbuat dari batu alam (andesit). Nisan sebelah utara berukuran tinggi 25 cm, lebar 20 cm dan tebal 20 cm, dan nisan sebelah selatan berukuran tinggi 20 cm, lebar 18 cm, dan tebal 8 cm. 

Jarak antar nisan 150 cm. Jirat berupa susunan batu alam berdenah empat persegi  berukuran panjang 210 cm, dan lebar 150 cm. Pada areal makam terdapat 6 makam lainnya yang tidak diketahui identitasnya. 

Makam hingga sekarang masih dikeramatkan penduduk setempat dan sering dikunjungi para peziarah Areal makam ditumbuhi pohon mahoni, nangka, bambu, jati. Di areal kompleks makam di temukan sebaran keramik dan gerabah

Lebih kurang 50 meter ke arah barat dari makam Suramanggala terdapat punden berundak yang terdiri 5 teras. Pada teras keempat di temukan batu temu gelang dengan monolit di tengahnya.

Pada teras ke tiga terdapat dua batu sejajar dengan arah tenggara barat laut. Pada teras ke dua di temukan batu berbentuk oval dengan arah tenggara barat laut. 

Teras terbawah terdapat kompleks makam Islam yaitu salah satu dari makam tersebut adalah makam Suramanggala. Masing-masing teras di perkuat dengan didinding batu.


Nama Situs : SITUS BUYUT SURAMANGGALA

Lokasi

Alamat                 : Dusun Pajanten

Desa/Kelurahan         : Dukuhmaja Kecamatan : Luragung

Kabupaten/Kota          : Kuningan Provinsi : Jawa Barat  

Koordinat          : 07º 00' 154" LS

  108º 38' 949" BT

Ketinggian, dpl  : 76 m

Deskripsi :


Posting Komentar untuk "Ditemukan Sebaran Keramik dan Gerabah di Situs Buyut Suramanggala"