Loading...

Mengingat Prestasi H Aang Hamid Ketika Menjadi Bupati kuningan, Ini Raihannya

KUNINGAN (OKE)- Warga Kuningan yang mengenal jasa-jasa H Aang Hamid Suganda pasti akan merasa kehilangan  dan merasa sedih. 

Penulis sendiri menjadi wartawan sejak tahun 2004 meski tidak terlalu dekat karena waktu dulu saya banyak meliput berita ekbis. Tapi menjadi bagian dari sejarah perjalanan 10 tahun suami  dari Hj Utje itu.

Bukan hanya menorehkan banyak perubahaan untuk Kuningan, tapi juga banyak prestasi yang diraih oleh Kuningan. 

Harus banyak diingat oleh warga Kuningan, H Aang pengusaha sukses banyak harta tapi memutuskan  mau membangun Kuningan.

Kala itu  Kuningan minim PAD , begitu juga dengan APBD, tapi dengan niat ingin membangun H Aang sukses menyulap Kuningan dari kota kecil yang pembangunnya tertinggal menjadi maju seperti sekarang.

Dihimpun dari berbagi sumber berikut penghargaan yang diraih oleh Bapak Pembangunan Kuningan Itu.   


PENGHARGAAN TAHUN 2013

Pengahargaan Adipura kategori kota kecil dari Presiden RI

Penghargaan PNPM Mandiri dari Presiden RI

UNIKU AWARD 2013 Dari Universitas Kuningan

 


PENGHARGAAN TAHUN 2012


Penghargaan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)  diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan  atas Komitmen dan Peran Aktifnya Dalam Mewujudkan Pembangunan Kebun Raya Kuningan  dan pencapaian Kabupaten Kuningan dalam berbagai program pembangunan khususnya sebagai kabupaten yang memiliki  concern yang tinggi terhadap pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan. Diberikan di Hotel Grage pada hari selasa tanggal  14 Februari 2012.

Hj. Utje Ch Suganda dianugrahi penghargaan KARTINI AWARD 2012 versi group Jawa Pos yang hari ini akan diserahkan di Graha Pena Radar Cirebon.

Pengahargaan kepada para penyandang cacat atau anak berkebutuhan khusus berbuah penghargaan dari Ikatan Guru Pendidikan Luar Biasa ( IGPLB ) Jawa Barat diserahkan padaSabtu 5 Mei 2012 bertempat di Metro Mall jalan Soekarno Hatta Bandung.

Penghargaan P2BN (Program Peningkatan Beras Nasional) dari Presiden Republik Indonesia.

Anugerah Kalpataru Kategori Pembina Lingkungan Terbaik

 


PENGHARGAAN TAHUN 2011


Penghargaan Raskin Award 2010 kepada Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, S.Sos., dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat yang diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan di Halaman Gedung Sate Senin 31 Januari 2011.

Penghargaan kepada Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda  dari Kanwil Kemendag Prov. Jawa Barat atas perhatian, bantuan dan kerjasama dalam meningkatkan pendidikan kegamaan melalui PERDA/PERBUB tentang pendidikan keagamaan.

Mendiknas RI memberikan sertifikat SLB Negeri Taruna Mandiri sebagai SLBN bertaraf internasional

PENGHARGAAN INOVASI MANAJEMEN PERKOTAAN (IMP AWARD) 2010, selasa (22/2) dari Kementrian Dalam Negeri

Dengan keberhasilan pengumpulan zakat maal dan zakat profesi yang memenuhi target serta dapat dikategorikan pendayagunaan pada tanggal 20 maret 2011 BAZ Kabupaten Kuningan mendapatkan anugerah ÔÇ£Zakat Award 2011ÔÇØ tingkat nasional.

Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) tahun ini dinilai terbaik se Jawa Barat dan masuk 20 besar tingkat nasional dengan angka 0,656839. Keberhasilan ini buah hasil kerja keras jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) serta Puskesmas se Kuningan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda menerima penghargaan Kalpataru Kategori Pembina Lingkungan pada Selasa (7/6) di Istana Negara Jakarta dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. 

Bupati Peduli Lansia (lanjut usia) yang diberikan pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tingkat Jawa Barat di Gedung Sate Bandung dari Gubernur Jawa Barat.

Bupati Kuningan meraih penghargaan  kehormatan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI dan penghargaan tersebut diserahkan pada kegiatan pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XIII Tahun 2011 di Kutai Kartanegara Kaltim.

Penghargaan Indonesia Green Region Award (IGRA) dari majalah Swa dan Radio KBR68H di Jakarta, 21 September 2011.

Anugrah Pengembangan Kota Hijau dari Kementrian Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Penghargaan Swasti Saba (kabupaten Sehat) dari Menteri Kesehatan RI

Penghargaan Raksa Prasadha Berkat komitmen kuat terhadap pemeliharaan lingkungan yang meliputi upaya-upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dari pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Penghargaan Satyalancana Kebhaktian Sosial kepada Hj.Utje Ch Suganda dari Presiden Republik Indonesia. Penghargaan ini diberikan atas jasa dalam bidang sosial.

 


PENGHARGAAN TAHUN 2010


PGM Awards dari Persatuan Guru Madrasyah Provinsi Jawa Barat kepada Bupati Kuningan diserahkan pada HAB Depag, 4 Januari 2010

Penghargaan dari Provinsi Jawa Barat sebagai juara pertama kategori pemungutan dan pengelolaan  administrasi PBB

Penghargaan Adipura dari presiden  ke 3 kalinya secara berturut-turut

Ket :  Sudah ketiga kalinya Bupati Kabupaten Kuningan H. Aang Hamid Suganda. S. Sos, menerima pengharagaan Adipura dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono secara berturut-turut di Istana Negara Jakarta, Selasa (8/6). Bersamaan dengan itu pula Kepala Sekolah SMPN 1 Luragung Kabupaten Kuningan Drs. H. Ebon Shobari, M.Pd juga menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri yang merupakan penghargaan tertinggi dalam penataan lingkungan sekolah.


Penghargaan dari Gubenur JawaBarat Sebagai Bupati Peduli Lingkungan

Penghargaan Car Free Day

Ket :    Mendapat Apresiasi dari Gubernur Jawa Barat melalui Surat Nomor 660.1/2197/OPSHS tanggal 31 Mei 2010 perihal Pemberian Penghargaan dan Apresiasi terhadap Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda yang telah berinisiatif untuk melaksanakan Kegiatan Car Free Day, secara konsisten dan berkelanjuta yang dapat mendukung upaya pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) 2013 dibidang lingkungan hidup dan menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk melakukan hal yang sama


Penghargaan terhadap Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Utje Ch Suganda dari gubenur Jawa Barat  tentang Kepedulian terhadap Lansia.

Paramadhana Madya Koperasi sebagai kabupaten Koperasi Penggerak koperasi tahun 2010 dari kementrian Koperasi, Usaha kecil dan Menengah RI

Ket: Keberhasilan perkoperasian di Kabupaten Kuningan  berbuah pengharagaan dengan diraihnya Paramadhana Madya Koperasi sebagai Kabupaten penggerak Koperasi, dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI, Dr. Sjarifudin Hasan, MM., MBA., yang diterima langsung Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana di Gedung SMESÔÇÖCO, Jakarta Rabu (28/7). Penghargaan ini diberikan kepada 44 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Sementara  untuk Jabar hanya Kuningan yang meraih penghargaan sekaligus yang pertama dalam bidang perkoperasian.


Penghargaan Kadin Jabar Award 2010 yang diserahkan oleh menteri Perindustrian dan Perdagangan RI : Ms. Hidyat.  Nomor : SKEP/KU/XI/2010 Tentang Penghargaan Kepada para kepala daerah Bupati dan Wali Kota oleh Kadin Jawa Barat.yang telah membina dan meningkatkan peran serta para pelaku usaha anggota Kadin.

Trophy dan Piagam Raksaniyata merupakan penghargaan dari Pemerintah dalam Program Menuju Indonesia Hijau sebagai bentuk apresiasi Pemerintah kepada Pemerintah Kabupaten atas kinerjanya dalam penaatan peraturan perundang-undangan di bidang konservasi sumber daya alam dan pengendalian kerusakan lingkungan.

Meraih Penghargaan P2BN (Peningkatan Produksi Beras Nasional) di atas 5% dari Presiden RI tanggal 1 Desember 2010.

Hj. Utje Ch. Suganda  mendapatkan piagam penghargaan atas perhatian, jasa dan karyanya terhadap upaya peningkatan taraf hidup dan martabat para penyandang cacat di Kabupaten Kuningan. Penghargaan ini diberikan berdasarkan Keputusan Gubernur Jabar No.002/Kep.1691-BKD/2010.

 


PENGHARGAAN TAHUN 2009


Penghargaan KUA terbaik Tingkat Provinsi  Jawa Barat dari Kantor Wilayah Departemen Agama Jawa Barat  diraih oleh KUA Lebakwangi  kecamatan Lebakwangi

Penghargaan Adipura  untuk ke 2 kalinya berturut turut dari Presiden RI pada Juni 2009

Penghargaan Adiwiyata dari Presiden Republik Indonesia untuk SMAN 1 Mandirancan, SMPN 1 Luragung dan SMPN 2 Pasawahan

Kabupaten Kuningan dianugerahi Penghargaan Kabupaten Terbaik Dalam Pemungutan dan Pengelolaan Administrasi PBB 2008 dari Gubenur Jawa Barat.

Penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM dari Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia pada bulan Juli 2009

Penghargaan Puskesmas Teladan Tk. Jawa Barat Diraih Oleh Puskesmas Kecmatan Garawangi

Penghargaan Kepada Bupati Kuningan dari Gubenur Jawa Barat sebagai Penggerak Percepatan Buta Aksara serta Percepatan Pengalokasian Anggaran PNF-I .

Satya Lencana Bidang Pelestarian Lingkungan diraih oleh LSM AKAR Kuningan, diberikan langsung oleh Presiden RI.

Penghargaan PDAM  Perpamsi Awards 2009 dari Kementrian PU. Penghargaan terhadap Kabupaten yang peduli pada peningkatan pelayanan air bersih pada masyarakat.

Penghargaan juara I Nasional Lomba Cerdas Cermat Remaja diraih oleh PIK KRR Kabupaten Kuningan.

Raskin Awards. Diberikan oleh Menko Kesra RI H. Agung Laksono. Raskin Awards merupakan Penghargaan terhadap Kabupaten yang berhasil dalam penyaluran  beras raskin dan kelancaran pembayaran tanpa tunggakan

Person Of the Year dari HU Radar Cirebon untuk yang ke 3 kepada Bupati  Kuningan H. Aang Hamid Suganda.

 


PENGHARGAAN TAHUN 2008


Bapak Otomotif  Kuningan  dari  Paguyuban  Otomotif Kuningan (Patok). Pada Bulan  Januari 2008.

Person of the year dari Radar Cirebon tahun 2007

Meraih Penghargaan  ADIPURA pada peringkat  pertama   yang  diberikan  langsung  oleh Presiden RI  kepada Bupati  Kuningan. Pada tanggal 6 Juni 2008. Atas keberhasilan dalam mewujudkan  tata pemerintahan  yang  baik (good government) dan lingkungan  hidup yang baik (good environment).

Anugrah  Adiwiyata  Utama oleh  SMAN  1 Mandirancan  dan SMPN 1 Luragung

Meraih Penghargaan  Satyalancana Wirakarya dari Presiden RI atas keberhasilan di bidang Keluarga Berencana 23 Juni 2008.

Penghargaan Lencana Jasa Utama dari PMI Pusat pada 21 Juli 2008.

Pemenang 1 Lomba Desa tingkat Propinsi Jawa Barat diwakili Desa Panawuan.

Meraih Penghargaan Anugerah Aksara Utama atas upaya pemberantasan Buta Huruf di Kabupaten Kuningan.

H. Aang Hamid Suganda Selaku ketua Majelis Pembina Cabang (mobicab) Pramuka Kabupaten Kuningan berhasil meraih penghargaan dari Kwartir Nasional berupa Lencana Melati No. 903/2008 yang disematkan pada hari kemerdekaan ke-63 RI di Jakarta.

Meraih Penghargaan Raksaniyata Menuju Indonesia Hijau dari Kementrian Lingkungan Hidup RI

Meraih Penghargaan P2BN (Peningkatan Produksi Beras Nasional) di atas 5% dari Presiden RI

Person of The Year 2008 dari Harian Radar Cirebon untuk yang ke-dua kalinya bagi Bupati H. Aang Hamid Suganda

 


PENGHARGAAN TAHUN 2007


Desa Lingkungan  Bersih  dan Sehat  Terbaik  I tingkat  Propinsi  Jawa Barat  diwakili  Desa Peusing, Kacamatan  Jalaksana.

Anugrah  Adiwiyata  Utama oleh  SMAN  1 Mandirancan  dan  Anugrah  Calon  Model  Adiwiyata Utama oleh  SMPN 1 Luragung

Penghargaan  Pakarti  Utama  pelaksanaan  terbaik  2 tingkat  Nasional  Desa lingkungan  bersih  dan sehat, diwakili  Desa Peusing  Kecamatan  Jalaksana.

Penghargaan sebagai Kabupaten Tercepat Pelunasan PBB Peringkat II se- Propinsi Jawa Barat tahun 2006 diberikan pada 4 April 2007

Penganugrahan  Bintang Satya Lencana  Pembangunan  Pertanian  oleh  Presiden RI  kepada Bupati Kuningan. Penghargaan  diberikan  Presiden  RI  atas keberhasilan  dalam  melaksanakan  Intensifikasi  Budidaya Ternak  Domba dan Sapi. Sehingga  produktifitas meningkat  tajam. Bulan Juli  2007.

Penghargaan  Pekerjaan Umum dari  Menteri PU sebagai  Kabupaten  yang  berhasil  melaksanakan pembangunan dan  jembatan  jalan pada 3 Desember 2007.

Penghargaan  Pekerjaan Umum dari  Menteri PU sebagai  Kabupaten  yang berhasil  melaksanakan pengelolaan irigasi terbaik.

Penghargaan  dari  Gubernur  Jawa Barat  sebagai  Kepala Daerah  yang  menerapkan Pelayanan Perizinan  1 pintu.

Penghargaan  kepada BPP  Cilimus  sebagai  Unit  yang  memberikan  pelayanan terbaik  di Lingkungan  Pertanian/Peternakan  se Jawa Barat.

Penghargaan  dari Gubernur Jawa Barat  sebagai  pemenang  Wajardikdas  Award Cluster  B dan Vocational.

Penghargaan Anugerah Aksara Tingkat Madya dari Menteri Pendidikan Nasional dalam upaya percepatan pemberantasan buta huruf di Kabupaten Kuningan dalam rangka peringatan Hari Aksara pada 8 September 2007.

Kursus Lemhanas (peserta Forum Konsolidasi Pimpinan Pemerintahan Daerah Bupati, Walikota dan Ketua DPRD Kabupaten/Kota) tahun 2007.

Penghargaan Bintang LVRI dari DPP LVRI pada 31 Desember 2007

Tokoh  Otomotif Jabar  dari  Pengda  Ikatan  Motor Indonesia Jabar. Pada 27 Desember 2007.

 


PENGHARGAAN TAHUN 2006


Bupati Kuningan menerima penghargaan  sebagai  Pembina Peduli  Kehutanan  Terbaik  Pertama Tingkat Propinsi  Jawa Barat tahun 2006 dari Gubernur Jawa Barat diserahkan saat peringatan Hari Krida Pertanian di Blanakan Subang pada 14 Juli 2006.

Penghargaan dari Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan sebagai salah satu kabupaten di Indonesia yang memberikan perhatian terhadap anak  dengan mengeluarkan Perda Pembebasan Akte Lahir Anak. Pada tanggal 23 Juli  2006.

Penghargaan dari Presiden RI sebagai salah satu kabupaten di Indonesia yang memberikan perhatian terhadap anak  dengan mengeluarkan Perda Pembebasan  Akte Lahir Anak diserahkan pada puncak Peringatan Hari Anak Nasional di TMII Jakarta. Pada tanggal  23 Juli  2006.

Penghargaan Anugerah Aksara Tingkat Pratama dari Menteri Pendidikan Nasional dalam upaya percepatan pemberantasan buta huruf di Kabupaten Kuningan dalam rangka peringatan Hari Aksara pada 9 September 2006.

Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN Pusat diserahkan Senin, 28 Agustus 2006 di Jakarta.

Desa Sehat juara ke- III tingkat nasional  diwakili oleh Desa Sembawa Kec. Jalaksana.

SMPN I Luragung   sebagai  Sekolah Sehat terbaik Tingkat Propinsi Jawa Barat dan Kategori Terbaik Tingkat Nasional

PPK ÔÇô IPM  mendapat dana sebesar 20 Miliar untuk satu tahun  selama 2 tahun

Penghargaan Siaga Award dari Gubernur Jawa Barat untuk Kabupaten Kuningan.

Piagam Penghargaan dari Menteri Kehutanan RI sebagai Bupati Terbaik I Tingkat Nasional Peduli Kehutanan, pada tanggal  6 Desember 2006.

Penghargaan dari Wakil Presiden RI sebagai kabupaten terbaik dalam pelaksanaan GRLK diserahkan di Mataram, NTB.

Penghargaan  sebagai desa  lingkungan  bersih  dan sehat   terbaik  I tingkat  Propinsi  Jawa Barat diwakili  Desa Peusing 

 


PENGHARGAAN TAHUN 2005


Pemberian Anugerah Kepemudaan Tahun 2005 tingkat Nasional ini dilaksanakan bersamaan dengan Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-77 bertempat di Gedung Pemuda Jalan Kramat Jakarta diserahkan langsung oleh Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia H. Adhyaksa Dault. Pada tanggal 28 Oktober  2005.

Penghargaan dari ASEAN atas keberhasilan sebagai Kepala Daerah yang memberikan kontribusi berharga dalam mempromosikan pembangunan pemuda sebagai satu aspek dari agenda pembangunandaerah, yang sejalan dengan Deklarasi Manila dalam hal penguatan partisipasi pemuda dalam lapangan kerja berkelanjutan. Diberikan oleh Secretary ÔÇô General of ASEAN di Jakarta, pada tanggal 28 Oktober 2005 dalam peringatan Sumpah Pemuda tingkat nasional

Penghargaan dari PBB atas keberhasilan mempromosikan Program Aksi Dunia PBB untuk Pemuda di tingkat daerah dari Director Division for Social Policy and Development United Nations pada 28 Oktober 2005 di Jakarta.

Penghargaan sebagai Kabupaten Tercepat Pelunasan PBB se- Propinsi Jawa Barat tahun 2005 diberikan pada 23 Februari 2006

 


PENGHARGAAN TAHUN 2004


Piagam Penghargaan Gubernur Sumatera Selatan dalam rangka PON XVI sebagai manager Bola Basket Jawa Barat, pada tanggal  14 September 2004.

Piagam Penghargaan dari KONI Jabar sebagai Tim Manager Cabang Olahraga Basket dalam PON XVI di Sumatera Selatan. Pada tanggal 15 September 2004

Tanda penghargaan Lencana Darma Bakti dari Ketua Kwartir Nasional gerakan Pramuka pada  Bulan Juli 2005.

Piagam Penghargaan dan Medali Perjuangan Angkatan 45 dari Dewan Harian Nasional Angkatan 45 atas peran serta pengabdiannya sebagai Ketua Dewan Harian Cabang 45 Kabupaten Kuningan dalam upaya melestarikan jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45. Pada tanggal 17 Agustus 2004.

 


 

Posting Komentar untuk "Mengingat Prestasi H Aang Hamid Ketika Menjadi Bupati kuningan, Ini Raihannya"