Loading...

Satwa yang Dilindungi Nyasar ke Permukiman Warga, Damkar Lakukan Evakuasi

 

KUNINGAN (OKE)-  Damkar Kuningan pada Selasa (28/6/2022) melalukan evakuasi salah satu satwa yang dilindungi yakni kukang.  Evakuasi satwa yang masuk ke 23 primata yang terancam punah itu dilakukan pada pukul 08.30-09.00 WIB.

Kukang yang dikenal primat yang gerakan lambat itu berada dikabel listri di atas pohon mangga. Adapun lokasinya adalah di di kebun milik k Suhadi Blok. Karanganyar RT.04 RW. 02 Kelurahan  Winduhaji Kecamatan  Kuningan 

"Kami mengevakuasi setelah ada laporan dari Pak  Maman Bima ( Kasie Pem )Kelurahan Winduhaji. Awalnya ada warga yang datang ke Kelurahaan, pada saat itu tengah apel. Lurah Nana bersama Kasie Pem langsung ke lokasi dan benar saja ada kukang," ujar Kepala UPT Damkar Khadafi Mufti.

Dikatakan, proses evakuasi binatang tersebut oleh 4 anggota dari regu 3 piket UPT Pemadam Kebakaran dalam kurun waktu -+ 30 menit dan untuk sementara diamankan. Untuk selanjutnya diserahkan kepada pihak berwenang.

"Karena binatang primata jenis Kukang ini juga termasuk  satwa  yang dilindungi, dikhawatirkan jadi buruan  atau dibunuh oleh warga sehingga perlu dievakuasi guna menjaga kelestariannya," ujar Khadafi lagi. 

Dikutip dari wikipedia,  kukang kadang-kadang disebut malu-malu adalah jenis primata yang gerarakannya lambat. Warna rambutnya beragam dari kelabu keputihan, hingga kehitman-hitaman.

Pada punggung teradap gari cokelat melintang dari belakang hingga dahi, lalu bercabang ke dasar telinga dan mata. Jenis satwa ini biasanya bisa hidup selama 20 tahun.(dhn/rdk)


Posting Komentar untuk "Satwa yang Dilindungi Nyasar ke Permukiman Warga, Damkar Lakukan Evakuasi "