Loading...

Isi Materi di Upgrading IMK, Rokhmat Ardiyan : Jadi pengusaha Jangan Sampai Miskin Keberanian

 

KUNINGAN (OKE)- Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) pada Kamis (30/6/2022) menggelar kegiatan upgrading yang dilakukan di Yayasan Maslakul Ulum Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB  itu mengambil tema  "Bangkitkan Semangat, Ciptakan Peluang dengan Berwirausaha". Total ada 50 peserta yang hadir dan yang paling istimewa pada acara itu menghadirkan  pengusaha suskes yakni H Rokmat Ardiyan.

Pada saat itu, Bos Puspita Cipta Grup itu, menyebutkan, komitmen itu penting untuk mencapai kesuksesan karena cita-cita yang besar dimulai dari diri sendiri dan harus dimulai dengan komitmen.

"Motto terpercaya kalau terpercaya bisa juara . Ingat harus menumbuhkan cita-cita menjadi pengusaha karena bisa banyak membantu orang. Selain itu juga harus punya mimpi besar," jelasnya.

Rokmat Ardiyan menerangkan , tulang punggung Indonesia di koperasi dan  UMKM. Mereka terbukti bisa bertahan ditengah gempuran covid-19. Padahal, banyak golongan tikar. 

"Jangan takut mengeluarkan uang untuk membantu masyarakat karena rezeki sudah di atur Allah SWT," jelasnya.

Mantan Ketua Baznas Kuningan itu, menyebutkan,  hidup itu afirmasi kumpul dengan pengusaha akan menjadi pengusaha. Menjadi pengusaha juga tidak mudah, terus belajar dari kegagalan.

Tentu dalam berusaha lanjut Ardiyan harus punya brand, positioning, margin, segmentasi dan yang terpenting adalah tumbuhkan rasa percaya diri.

Sebagai pengusaha yang sudah matang, pria asal Brebes itu menerangkan, untuk menjalankan usaha sebagai pelaku usaha harus mempunyai modal yang kuat dan ia di Puspita menerapkan konsep untuk keaungan dibagi kedalam empat.

Diterangkan, uang pertama adalah  uang operasional (jangan mengganggu uang ini karena sebagai dasar operasional usaha) ,  uang ekspansi (jangan mengganggu saving),  uang saving (jaga jaga) dan  uang senang senang (untuk hobi atau membantu orang).

"Terkadang semakin tinggi gelar semakin takut memulai usaha karena terlalu banyak hal yang dipikirkan sehingga tidak ada action.Jadi pengusaha jangan sampai miskin keberanian," ujar Ardiyan mengingatkan. 

Adapun yang harus dihindari  adalah  No action planning only (NAPO) ,No action dream only (NADO) .Lalu, menggeluti usaha itu harus berani dulu, sukses dimiliki orang-orang yang berani mengambil keputusan.

Lebih lanjut, dalam bisnis ada yang namanya branding itu salah satu yang menentukan keberhasilan, diferensiasi harus ada dalam bisnis, bikin hal yang berbeda, lakukan sesuatu yang berbeda, positioning, sudah bisa mengambil posisi, bangun kepercayaan.

Sebagai orang yang dekat dengan Aa Gym, Ardiyan selalu memegang pesan dari ulama kondang yakni  hati yang bersih (qalbun salim),  aklerasasi, sistem yang kondisif/lingkungan yang sehat, bersainglah secara positif, dan  harus bersinergi saling menguatkan agar tercapai keberhasilan.

"Jadikan harta sebagai rezeki paling rendah dan kesehatan rezeki paling tinggi anak sholeh merupakan rizki yang utama. Semua harus dilakukan dalam rangka mendapatkan ridho Allah sebagai rezeki yang paling sempurna," pungkasnya. (dhn/rdk)

Posting Komentar untuk "Isi Materi di Upgrading IMK, Rokhmat Ardiyan : Jadi pengusaha Jangan Sampai Miskin Keberanian"