Loading...

Eceng Gondok di Waduk Darma Dibersihkan, Bakal Diolah Jadi Pupuk Kompos

KUNINGAN(OKE)- Keberadaan eceng gondok di  dikawasan objek wisata Waduk Darma selalu terjadi pasca musim hujan. Kondisi membuat kawasan objek terlalu kotor sehingga merusak pemandangan.

Melihat kondisi ini membuat BUMDes Mekar Jaya Jagara Kecamatan Darma  bekerjasama dengan masyarakat yang tergabung dengan unit usaha BUMDes Mekar Jaya.

Kegiatan ini adalah partisipasi BUMDes sebagai pihak yang merasa manfaat dari perairan Waduk Darma. Total ada puluhan warga yang terjun ke waduk untuk melakukan pembersihan.

"Pembersihan ini dilakukan pasca beres musim hujan. Hingga saat ini tidak diketahui pasti dari mana asal eceng gondok tersebut," ujar Ketua BUMDes Mekar Jaya Jagara Oyon (Iyan) , Senin (13/5/2024).

Diterangkan,BUMDes juga  berinovasi dimana eceng gondok ini bakal di manfaatkan menjadi pupuk kompos. Dimana setelah menjadi pupuk ini bakal di kontribusikan ke kelompok KWT yang ada di Desa Jagara dan masyarakat Desa Jagara untuk pemupukan lahan pertanian dan perkebunan.

"Kegiatan ini insya Allah BUMDes selalu berusaha ikut peran serta bekerja sama dan bersinergi dengan BBWS Cimancis yang selama ini juga BBWS lagi melakukan pembersihan eceng gondok di Waduk Darma dengan menggunakan alat berat," jelasnya.

Semoga kegiatan ini menjadi bermanfaat untuk keindahan dan kenyamanan di Waduk Darma dan membuka inovasi semoga ke depannya bisa menghasilkan dan memanfaatkan dari apa yang tidak bermanfaat menjadi ada manfaatnya.

Diterangkan,BUMDes Mekar Jaya Jagara bakal rutin melakukan kegiatan ini dan semoga pihak pihak yang terkait jg bisa berkolaborasi ikut serta dalam membereskan permasalahan eceng gondok di perairan Waduk Darma .(Rdk)

Posting Komentar untuk "Eceng Gondok di Waduk Darma Dibersihkan, Bakal Diolah Jadi Pupuk Kompos"