Loading...

Koptan di Cidahu dan Kalimanggis Sumringah Dapat Bantuan Pompa Air

KUNINGAN (OKE)- Upaya meningkatkan produktivitas ketahanan pangan, sejumlah kelompok tani Kecamatan Cidahu dan Kalimanggis menerima bantuan berupa Pompa Air yang diserahkan oleh Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si Sekda Kabupaten Kuningan, Minggu 5 Mei 2024.

Dian mengatakan, ketersediaan pangan menjadi sangat penting saat ini, terutama di tengah kondisi iklim yang tidak menentu yang dapat memengaruhi produksi dan produktivitas pangan.

“Meskipun teknologi produksi telah berkembang, namun tanpa dukungan sarana dan prasarana pertanian yang memadai, upaya tersebut masih belum cukup. Salah satu bentuk dukungannya adanya program Perluasan Areal Tanam (PAT) melalui pompanisasi yang diselenggarakan oleh Kementerian RI,” jelasnya.

Tujuan dari program ini diterangkan Dian, bahwa akan mendorong perluasan area tanam, terutama di daerah sawah tadah hujan. Untuk itu, dengan adanya pompanisasi, diharapkan petani dapat menanam dua kali dalam setahun atau bahkan lebih.

Saat penyerahan Pompa Air yang diterima oleh ketua kelompok tani, Dian berpesan untuk merawat dan menjaga agar nilai kebermanfaatannya dapat berlangsung lama. Sehingga program bantuan dapat meningkatkan produksi padi yang pada gilirannya akan berdampak pada ketersediaan pangan baik di tingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten Kuningan.

Lebih lanjut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si mengatakan, bantuan ini merupakan dukungan dari pemerintah pusat kepada Kabupaten Kuningan dengan pemberian bantuan sebanyak 123 unit pompa air yang tersebar dibeberapa kecamatan yang ada di Kuningan melalui kelompok tani.

“Penerima pompa air tersebut, salah satu diantaranya di Kecamatan Cidahu, yaitu Kelompok Tani Cahaya Mekar II Desa Datar, Kelompok Tani Mekar Mulya II Desa Jatimulya, Kelompok Tani Rukun Tani Halimi, Desa Cihideung Hilir. Dan Kelompok Tani Tirta Kencana IV Desa Kertawarna, Kelompok Tani Pedesaan IV Desa Kalimanggis Wetan, Kecamatan Kalimanggis,” sebutnya

Menurutnya, masyarakat akan merasa aman jika kita dapat mewujudkan ketahanan pangan, mandiri dalam hal pangan, dan memiliki kedaulatan pangan. Melalui program pompanisasi ini menjadi langkah yang sangat penting. Untuk itu ketahanan pangan menjadi tanggungjawab bersama.(rdk)

Posting Komentar untuk "Koptan di Cidahu dan Kalimanggis Sumringah Dapat Bantuan Pompa Air"