Loading...

Pemkab Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL Kohe

 

KUNINGAN (OKE)- Banyaknya laporan warga terkait pembuangan limbah ternak yang tidak tepat sasaran sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan, baik air, udara maupun tanah, mendapat perhatian khusus dari Penjabat Bupati Kuningan, Iip Hidajat.

Setelah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, Pemda Kuningan bekerja sama dengan Taman Nasional Gunung Ciremai sedang membangun Instalansi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang berlokasi di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur.

Kamis (02/05/2024), Iip Hidajat meninjau Pembangunan IPAL yang diharapkan dapat menjadi solusi atas permasalahan Kotoran Hewan (Kohe) yang terjadi selama bertahun-tahun mencemari lingkungan.

Diketahui bahwa populasi sapi perah di Kecamatan Cigugur mencapai 6.129 ekor dan sapi potong 241 ekor yang tersebar di 4 Koperasi besar disana. Dengan total sapi mencapai 6.370 ekor, total kotoran yang di hasilkan mencapai 248 ton per hari.

Karena hampir seluruh peternak tidak memiliki sarpras penanganan limbah kotoran dan keterbatasan kepemilihan lahan disekitar kandang, serta minimnya pengetahuan dan kesadaran akibat dampak yang ditimbulkan, limbah kotoran sapi akhirnya dibiarkan menumpuk di kandang berhari-hari, bertumpuk dan tercecer terbawa aliran hujan ke daerah yang lebih rendah sehingga mencemari tanah dan air permukaan.

Sebelumnya terdapat 1 pengolahan IPAL yang terletak di Lamping Kidang, Cisantana, namun tidak bisa mengakomodir pembuangan keseluruhan kotorang ternak. Untuk itu, pembangunan IPAL ke 2 dan lebih besar ini diharapkan dapat menampung kotorang sapi sehingga tidak menimbulkan pencemaran.

Sekdes Cisantana menyebutkan bahwa IPAL ini dibangun pada lahan seluas 168 M2 dari tanah hasil hibah TNGC. “Alhamdulilah kepedulian Pak Pj Bupati dan TNGC sehingga IPAL ini dibangun untuk menyelesaikan persoalan kotoran hewan di Desa Cisantana. Namun kami masih membutuhkan ketersediaan akses jalan ke IPAL untuk proses angkut kotoran”

Iip Hidajat menanggapi hal tersebut bahwa dimulainya IPAL ini merupakan langkah awal untuk menyelesaikan masalah Kohe di sekitar Kecamatan Cigugur.“Tentu kami ucapkan terimkasih dan apresiasi ke TNGC karena kami sejalan untuk konsen menyelesaikan masalah ini, ujarnya.

Dikatakan,  kedepan kita akan upayakan pengadaan jalan, seperti JUT ternak agar kohe dapat di angkut dalam kaitan pengolahan biogas.  Pj Bupati optimis  kalau ini sukses, IPAL selanjutnya akan di bangun sehingga kualitas peternakan di Kuningan dapat semakin baik, karena kandang bersih, bebas kohe sehingga susu yang dihasilkan semakin bagus dan berkualitas.(rdk) 

Posting Komentar untuk "Pemkab Kuningan Gandeng TNGC Bangun IPAL Kohe"