Loading...

Seleksi Anggota PPK Diduga Banyak Titipan, Nilai CAT Tertinggi Bukan Patokan, Prioritaskan Gerbong Organisasi Mahasiswa

 

Foto Dokumen: Pelantikan Anggota PPK Pemilu 2024 Bulan Januari 

KUNINGAN (OKE)- Usia diumumkan oleh pihak KPU Kuningan hasil seleksi Anggota PPK untuk Pilgub Jabar dann Pilbup Kuningan 2024 pada Selasa (14/5/2024), ternyata banyak kecewa dari hasi pengumuman tersebut.

Seperti halnya pada seleksi sebelumnya, pada seleksi PPK tahun ini diduga banyak kecurangan yang dilakukan. Hal ini membuat pihak yang dirugikan bersuara. Mereka menuduh selain faktor koneksi, juga tidak ada pertimbangan lain untuk para incumbent yang mengikuti tes.

Nunung Khasanah mantan Ketua PPK Cigugur bersuara.  Menurutnya menyikapi hasil badan adhoc Pilkada 2024 ada beberapa faktor yang disoroti yakni  nilai CAT tertinggi bukan patokan lolos dan hal ini terbukti dari banyaknya peserta yang mengeluhkan.

"Wawancara lancar dan terjawab pun bukan jadi patokan, karena memang tidak ada patokan nilainya untuk wawancara.   Evaluasi kinerja pun diabaikan," tandas Nunung yang juga Ketua PWI Kuningan itu, Rabu (16/5/2024). 

Ia menyebutkan, justru yang lolos karena  like and dislike,  gerbong organisasi mahasiswa (HMI, PMII, GMNI). Lalu, ada. isu barter antara PPK dengan  Panwas yang menjadi pressur (tekanan)  untuk bisa lolos diantara keduanya. 

Diterangkan,  pengabdian beberapa incumbent dalam Pemilu kemarin tidak jadi patokan, terutama ketua. Ada sekitar 12 Ketua PPK yang tumbang, padahal pengabdian mereka dalam menjaga kondusifitas baik secara internal maupun eksternal/dengan berbagai pihak terutama dengan para unsur Forkopimcam.

Mereka berkejra  mengawal tahapan demi tahapan yang cukup menguras energi, mengawal pleno dengan berbagai dinamikanya, sama sekali tidak menjadi bahan pertimbangan KPU Kuningan. 

"Sebelumnya juga ada  pertimbangan. Malah terlihat beberapa badan adhoc yang saat Pemilu 2019 mendapat isu santer permasalahan bisa lolos kembali," ujarnya.

Terpisah, ketika hal dikonfirmasi kepada Ketua KPU Kuningan Asep Budi Hartono yang bersangkutan tidak  memberikan jawaban terkait pertanyaan yang dilayangkan oleh kuninganoke.com.(rdk)

Posting Komentar untuk "Seleksi Anggota PPK Diduga Banyak Titipan, Nilai CAT Tertinggi Bukan Patokan, Prioritaskan Gerbong Organisasi Mahasiswa"