Loading...

Beginilah Suasana Malam Pertama Salat Tarawih di Kabupaten Kuningan

KUNINGAN (OKE)- Pasca penetapan Pemerintah melalui Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan 1 Ramadhan 144 H/2023 jatuh pada tanggal 23 Kamis. Kabar ini tentu disambut bahagia umut Islami yang sudah menunggu sejak magrib dan mereka pun langsung melakukan salat isya dan salat tarawih.

Dari pantauan kuninganoke.com semua masjid yang ada di kuningan penuh dengan jamaah. Bahkan meluber hingga keluar seperti terlihat di Perum Cigintung. Di dua masjid yang tersedia semua penuh.

Bagaimana dengan di masjid Syiarul Islam Kuningan. Di masjid agung Kuningan ini pun ratusan jamaah berbondong-bondong untuk hadi. Tampak Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, S.H., M.H terlihat hadir.

Orang nomor satu itu didampingi oleh plt Camat Kuningan, H. Toni Kusumanto A.P., M.Si dan Kepala Bagian Prokompim, Deni Komara, S.IP., M.Si, Bupati Acep tiba sesaat sebelum pelaksanaan Sholat Isya untuk memenuhi undangan dari DKM Masjid Agung Syiarul Islam tersebut.

Pada sambutannya, pertama-tama Acep mengucapkan selamat menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H kepada para Jamaah. Dirinya mengajak kepada kaum muslimin untuk senantiasa bersyukur atas kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT.

“Bahwasanya kita dapat berkumpul, bersilaturahmi dan menyambut kembali Bulan penuh berkah ini merupakan Karunia dari Allah SWT. Kita telah diberikan berbagai kenikmatan, salah satunya umur yang panjang sehingga bertemu dengan Ramadhan tahun ini” Terang Acep.

Lebih lanjut, Acep mengajak umat Muslim untuk dapat mengisi dan menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan dengan memperhatikan seluruh keutamaanya, berupa Ibadah shaum di siang hari dan berkhidmat melalui Sholat Taraweh di malam hari, diikuti dengan nilai-nilai kebaikan lainnya, secara perseorangan maupun berjemaah.

Pada kesempatan itu pun, Acep berpesan kepada para Jamaah untuk menjadikan bulan suci Ramadhan ini sebagai bulan pendalaman agama di keluarga, khususnya putra-putri kita, agar sejak dini atau di saat remajanya, pertumbuhan kejiwaan dan kedewasaannya penuh dengan nilai-nilai spiritual, moral seimbang dengan kecerdasan yang dimiliki.

“Selanjutnya berusahalah dengan tulus ikhlas untuk mengambil butir-butir keutamaan bulan ramadhan dan menyemarakannya melalui kegiatan : tadarus al-qur’an, taraweh berjama’ah, memperbanyak dzikir dan bersyukur atas semua limpahan nikmat dan karunianya, sehingga kita dapat mengoptimalkan bulan ramadhan sebagai bulan pembersih jiwa dan hati nurani” Lanjutnya.

Tak lupa, Acep pun mengajak agar seluruh masyarakat tetap memelihara kekompakan, persatuan dan kesatuan guna terpeliharanya iklim kondusif yang sangat berguna bagi kenyamanan beribadah maupun aktifitas lainnya yang berkaitan dengan kepentingan atau hajat hidup masyarakat secara lebih luas.

 “Seluruh pesan yang saya sampaikan ini tiada lain sebagai harapan agar seluruh warga masyarakat lebih proaktif dalam memberikan peranannya bagi kemajuan daerah yang sangat kita cintai dan kita banggakan” Tutupnya mengakhiri sambutan.

Kemudian pelaksanaan Sholat Isya dan Tarawih berjemaah di pimpin oleh Imam besar Masjid Agung Syiarul Islam, dimana para Jamaah nampak khusyuk melaksanakannya. (dhn/rdk)

Posting Komentar untuk "Beginilah Suasana Malam Pertama Salat Tarawih di Kabupaten Kuningan"