Loading...

Sapi 3 Kwintal Mau Dikirim ke Tasikmalaya, Tiba-tiba Lari dan Terperosok ke Sumur, Akhirnya Disembelih

 

KUNINGAN (OKE)- Insiden sapi terperosok ke dalam sumur terjadi di Blok Kondaangan Rt 08/03 Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur pada Selasa (2/3/2023) malam pukul 18.00 WIB. Sapi berbobot 3 kwintal itu akan dikirim ke Tasikmalaya, namun pada saat akan dinaikan ke mobil sapi berontak dan lari.

Nahas, sapi tersebut justru terperosok ke dalam sumur yang ada disekitar lokasi. Kedalaman sumur mencapai 10 meter dan diameter 1,2. Pemilik dan warga mencoba melakukan evakuasi tapi sulit  sehingga meminta bantuan pada pukul 21.15 WIB.

Proses evakuasi pun dilangsung dilakukan oleh 8 anggota Damkar dan baru kelar 3 jam  (22.00-01.00 WIB) . Diameter sumur yang kecil ditambah kedalaman dan tentu bobot sapi yang membuat evakuasi cukup sulit.

Ditakutkan sapi akan mati, akhirnya pemilik sepakat sapi disembelih.Kejadian ini tentu membuat penjual tidak menyangka sama sekali karena bukan satu dua kali mengirim barang ke luar kota.   

Menurut Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti, sapi yang terperosok adalah sapi jantan dewasa milik Ijang (45). Sapi tersebut sudah dibeli dari Sakim alamat Desa Guranteng Blok Cikadu Kabupaten Tasikmalaya. Adapun lokasi sumur ada di are perkebunan

Dari  keterangan  Angga yang berada dilokasi pada pukul 18.00 WIB . Gilang (22) anak dari Sakim, bersama dirinya hendak mengirim sapi ke pembeli ke Tasikmalaya. Pada  saat hendak digiring menuju ke mobil tiba-tiba sapi berontak dan kemudian lari masuk ke dalam sumur .

Lokasi sumur sendiri tidak  jauh dari kandang . Sumur sudah tidak digunakan pemiliknya. Kemudian . Gilang memanggil Angga yang menunggu di mobil dan meminta bantuan warga sekitar untuk mengangkat sapi tersebut.

Setelah beberapa jam sapi belum bisa di evakuasi pada pukul 21.15 WIB Angga melaporkan kejadian tersebut ke kantor UPT Pemadam Kebakaran dan sapi bisa dievakuasi selama 3 jam. Warga sekitar pun ikut membantu.

"Sumur tersebut harus segera ditutup agar tidak memakan korban lagi. Kalau dibiarkan tidak dievakuasi akan mati dan membusuk . Nantinya akan menimbulkan bibit penyakit," ujar Khadafi. (dhn/rdk)


Posting Komentar untuk "Sapi 3 Kwintal Mau Dikirim ke Tasikmalaya, Tiba-tiba Lari dan Terperosok ke Sumur, Akhirnya Disembelih "