Loading...

Tingkatkan Sinergitas, PPK Sindangagung Gelar Rakor Bersama PPS dan KPU

 

KUNINGAN (OKE)-  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sindangagung Selasa  (7/3/2023) melakukan rapat koordinasi dalam rangka Evaluasi Pemutakhiran Data Pemilih bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) 12 Desa se-Kecamatan Sindangagung.

Acara mengambil  rtempat di Kedai Wedang Rempah Berkah Desa Balong Kecamatan Sindangagun. Kegiatan rapat koordinasi siang tersebut menjadi lebih istimewa karena dihadiri langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Asep Z. Fauzi. 

Seperti diketahui bersama, saat ini tahapan Pemilu telah memasuki tahap pencocokan dan penelitian Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang telah berlangsung sejak tanggal 12 Februari 2023 dan akan berkahir pada 14 Maret 2023. 

Berdasarkan PKPU Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Informasi data Pemilih, pemutakhiran data pemilih adalah kegiatan untuk memperbaharui data pemilih berdasarkan DPT dari Pemilu dan Pemilihan Terakhir.

Selain itu  DPTLN yang disandingkan dengan DP4 serta dilakukan pencocokan dan penelitian yang dilaksanakan oleh KPU. Dalam melakukan ini  KPU Kabupaten Kuningan  dibantu oleh PPK, PPS, dan Pantarlih.

Sebagaimana diatur dalam Pasal 18 PKPU 7 Tahun 2022,  Pemutakhiran Data Pemilih  dilakukan dengan cara Coklit yang dilaksanakan oleh Pantarlih. Memasuki pekan ke-3, progres pelaksanaan coklit Kecamatan Sindangagug telah mencapai 92% dan diharapkan akan selesai sepenuhnya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU. 

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Kuningan dalam arahannya menyampaikan kepada PPK dan PPS se-Kecamatan Sindangagung menekankan pada hasil coklit yang berkualitas sehingga semua masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya. 

"Pemilih tidak memenuhi syarat yaitu penduduk yang telah meninggal, data ganda, TNI/POLRI, atau pindah domisili diharapkan dapat tersaring seluruhnya pada tahapan coklit ini," ujarnya. 

Begitu juga kata Asfa  dengan daftar pemilih potensial dapat juga direkap oleh Pantarlih ditingkat Desa/Kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Sindangagung. 

Pada kesempatan tersebut, Asep Z. Fauzi juga berjanji akan memberikan reward istimewa kepada Desa/Kelurahan yang meraih predikat ‘zero DPK’. 

Meskipun bertajuk rapat koordinasi, pertemuan siang tersebut berjalan dalam suasana serius tapi santai penuh kekeluargaan seperti hangatnya jamuan khas Kedai WRB yaitu wedang rempah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. 

Sesuai dengan jargon yang selalu digaungkan oleh Ketua PPK Sindangagung, Aan Solihan, yaitu sehat, semangat, dan bahagia.

 “Alhamdulillah, kegiatan rapat evaluasi pemutakhiran data pemilih Kecamatan Sindangagung berjalan lancar. Semoga kedepan sinergitas penyelenggara pemilu baik PPS, PPK dan juga KPU semakin solid guna mewujudkan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Kuningan yang LUBER dan JURDIL”, Aan Solihan menambahkan sekaligus menutup kegiatan rapat koordinasi.(dhn/rdk) 



Posting Komentar untuk "Tingkatkan Sinergitas, PPK Sindangagung Gelar Rakor Bersama PPS dan KPU"