Loading...

4 Sop Ayam yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung ke Kota Kuningan


KUNINGAN (OKE)- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI  Sandiaga Uno memuji kuliner yang ada di Kabupaten Kuningan. Menurutnya kuliner Kuningan hanya ada dua yakni enak dan enak sekali.

Pernyataan itu tidak mengada-ngada, selain enak, kuliner di kota kuda murah, sehingga ketika berlibur, maka tidak akan boros di kantung. Dengan begini para wisatawan yang berkunjung akan sangat berkesan.

Salah satu kuliner yang akan direkomendasikan oleh kuninganoke.com dalam tulisan kali ini adalah  sop ayam. 

Banyak sop ayam yang dijual oleh para pedagang dari mulai bumbu bening hingga bumbu kuning. Berikut ulasannya.


1.Sop  Ayam Wa Apung 

Kenapa sop ayam Wa Apung saya bahasa  nomor satu karena memanng citarasa nomor wahid di Kuningan. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung, kuahnya bening, tapi kaldu ayamnya sangat terasa.

Daging ayamnya yang embuk membuat siapa saja yang mencicipi tidak akan dibuat ribet. Campuran bawang daun, bawang goreng , ditambah bumbu merica membuat kuahnya hangat dan legit.

Pokoknya dijamin akan puas, terlebih harganya terjangkau yakni Rp20 ribu- Rp25 ribu satu porsi.

Lokasi Warung Wa Apung berada di Perumah Graha Mutiara Sidaraja Kecamatan Ciawigebang atau samping SKL Printing.

Jangan Lupa Giring Nidji pun pernah singgah dan mencicipi. Vokalis yang sekarang menjadi Ketua PSI memuji kelezatan menu di Wa Apung.


2. Sop Ayam RM Majalengka

Berbeda dengan sop ayam Wa Apung, sop di RM Majalengka yang terletak di Jalan Raya Kuningan-Cirebon atau tepatnya Desa Kalapagung sedikit berwarna kuning karena adanya pengunaan kunyit.

Meski menggunakan kunyit, rasanya  ketika dicicipi langsung nendang kombinasi kunyit, bumbu rempah rahasia membuat yang menyeruput langsung tancap gas. Daging ayam kampung yang empuk juga menambahkan porsi makan semakin meningkat.

Bagi kuninganoke.com sopnya merupakan menu yang paling enak yang disediakan di warung yang setiap hari selalu diserbu pembeli itu. Jadi bagi   yang penasaran tinggal datang dan rasakan lezatnya sop ayam.


3.Sop Ayam Mang Meod atau Ma Nioh

Sop Ayam Mang Meod Ciroke Kecamatan Cidahu sempat buka di eks Warung Kopi Manis di Jalan Baru Soekarno dan sekarang berganti nama menjadi Ma Nioh, karena kokinya sama maka rasanya tidak berubah.

Yang paling senang dari sop ini adalah sambel  goangnya. Ketika dicicipi dengan satu porsi nasi membuat lupa diri karena memang enak. harganya pun terjangkau.


4. Sop Ayam Ciporang

Siapa sih yang tidak kenal dengan ayam ciporang, selain ayam gorengnya enak, juga ada  yang tidak kalah maknyosnya  adalah sop ayam. Sop ayamnya lebih enak kalau penggunaan sahang atau merica yang cukup banyak.

Faktor harga murah dan kuah banyak membuat Sop Ciporang selalu diburu oleh ibu-ibu yang tidak sempat  memasak untuk sang suami. Adapun Lokasinya ada di  di Ruko Ciporang dan Jalan Sudirman.(dhn/rdk)

  


Posting Komentar untuk "4 Sop Ayam yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung ke Kota Kuningan"