Loading...

Hoax, Video Viral Pengemis Anak Bukan di Kuningan

 

KUNINGAN (OKE)- Satpol PP Kuningan angkat bicara terkait adanya video viral dan pemberitaan seorang anak disuruh menjadi pengemis. Sementara itu sang ibu dengan santai duduk di sebuah warung sambil menikmati es jeruk.

Dalam video itu diterangkan lokasinya ada di Kabupaten Kuningan.Video viral itu dunggah pertama kali oleh akun twitter @Heraloebss hari Rabu 15 Maret 2023.

"Video itu tidak benar. Kami sudah melakukan pengecekan ke lapangan. Bukan satu titik kami telusuri tapi semua taman baik, itu Taman Cirendang, Alun-alun Ciawigebang, Taman Luragung hingga Taman Cilimus," ujar Kasatpol PP Agus Basuki, Jumat (16/3/2023).

Pihakya pun dalam melakukan penelusuan ke setiap sudut kota penuh kelitian.Namun, tak ada satu pun lokasi yang sama dengan yang ada di dalam video. Karena itu pihaknya yakin itu bukan di Kuningan.

Apalagi lanjut mantan Kabag Organisasi Setda Kuningan itu, logat bicaranya di dalam video sangat berbeda dengan  orang Kuningan. 

Ditempat terpisah, Kepala Diskominfo Kab. Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si., menyebutkan, berdasarkan hasil penelusuran tim Analisis Informasi dan Kuningan Saber Hoaks, banyak ditemukan video tersebut beredar di berbagai platform media, bahkan beberapa portal berita turut mempublikasikan.

Wahyu menyayangkan, dari video yang beredar menyebutkan lokasi kejadian terjadi di Kuningan tanpa melakukan pengecekan fakta terlebih dahulu. Termasuk ada media yang turut mempublikasikan video tersebut tanpa melakukan cek dan ricek terlebih dahulu, sehingga salah menyebutkan lokasi kejadian yang sebenarnya terjadi bukan di wilayah Kabupaten Kuningan.

Selanjutnya, Kadis Kominfo mengajak masyarakat untuk lebih bijak dan cermat, baik dalam menyebarkan maupun menyerap berbagai informasi yang marak beredar di berbagai platform media sosial dan portal pemberitaan daring, agar tidak menimbulkan polemik yang dapat mengganggu ketentraman.

“Saya juga meminta, kepada media-media, untuk melakukan cek fakta terlebih dahulu sebelum menyebarkan pemberitaan ke publik, jangan asal comot, utamakan fakta dan datanya, jangan sampai beritanya jadi Hoaks,” tandas Wahyu.(dhn/rdk)

Posting Komentar untuk "Hoax, Video Viral Pengemis Anak Bukan di Kuningan"