Loading...

Kerugian Kebakaran di Sukajaya Ratusan Juta, Damkar Sebut Ini Peyebabnya

 

KUNINGAN (OKE)- Kepala UPT Damkar Kunngan Khadafi Mufti MSi menyebutkan, total kerugian insiden kebakaran ruman milik Wastim (55) dan Warhati (49)  di Dusun 1 Rt 4/02 Desa Sukajaya Kecamatan Cimahi mencapai Rp125 juta.

Hal ini karena  bangunan yang terbakar seluas  7  meter X 11 M2  dengan nilai kerugiannya cukup besar karena dikali  Rp1,5 juta dengan total Rp115 juta. Sedangkan sisanya Rp15 juta terdiri dari peralatan rumah seperti mesin cuci, 2 mesin pompa air, 2 sepedah anak, kipas padi, kursi, bupet, kasur, lemari, TV, kulkas dan liannya.

"Sedangkan dokumen dan barang berharga lainnya Rp500 ribu. Untuk penyebab kebakaran adalah  arus pendek listrik, dimana penggunaan kabel serabut dan lampu tidak SNI,"jelasnya Khadafi , usai pemadaman, Jumat (3/3/2023).

Selain arus pendek, juga kurangnya udara di dalam kamar, dan banyaknya barang yang mudah terbakar membuat api  dengan cepat  merembet. Pihak Damkar juga tidak bisa optimal dalam pemadaman karena jarak tempuh yang jauh.

Untuk mencapai ke TKP kata Khadafi Damkar harus menempuh waktu 40 menit. Selian itu juga faktor jalan yang terlalu sempit ikut menjadi hambatan. Belum lagi terlalu padat penduduk sehingga Randis Damkar sedikit kesulian bergerak.

Kebakaran sendiri sekitar pukul 04.00 WIB dan laporan masuk ke Damkar pukul 04.57 WIB, sehingga ada rentan cukup jauh sehingga kerugian cukup besar yang harus diderita korban.

Menurut keterangan Risna kadus Dusun 1, pada  pukul 04.00 WIB Dewi salah satu warga hendak melewati  ruma Wastim. Ia melihat api sudah berkobar di rumah korban. Rumah tersebut kosong dan selama ini ditempati oleh anaknya Iceu Nuraeni.

Namun pada saat kejadian Iceu tengah keluar kota sehingga tidak diketahui adanya kebakaran. Dewi sendiri langsung berteriak dan melaporkan kejadian ini kepada kadus dan warga. Tanpa dikomandi warga dan aparat desa melakukan pemadaman.

Mereka menggunakan peralatan seaadanya bahkan mesin sedot sawah dan APAR milik desa. Tapi belum berhasil sehingga meminta bantuan Damkar Kuningan. Petugas tiba di lokasi pukul 05.40 WIB dan api bisa dipadamkan dalam kurun waktu 1 jam atau padam pukul 06.40 WIB.

Akibat kejadian ini korban menderita kerugian dan membutuhkan bantuan untuk perbaikan rumah, pakaian, makanan dan obat-obatan. Untuk sementara waktu korban mengungsi ke tempat yang terdekat(dhn/rdk)


Posting Komentar untuk "Kerugian Kebakaran di Sukajaya Ratusan Juta, Damkar Sebut Ini Peyebabnya "