Loading...

Sambut Bulan Suci, Warga Kuningan Pawai Tarhib Ramadhan

KUNINGAN (OKE)- Menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H warga Kuningan melakukan pawai Tarhib Ramadhan.Pawai ini melibatkan ratusan santri TPA, siswa SMA/SMK, mahasiswa, dan remaja masjid menggelar pawai Tarhib Ramadhan. Kegiatan pawai digelar Minggu (19/3/2023) pagi.

Pelepasan  Pawai Tarhib Ramadhan dilakukan di halaman  Setda Kuningan, oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama. 

Kegiatan tersebut di inisiasi oleh Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPD BKPRMI) Kabupaten Kuningan yang diikuti oleh ± 500 orang (Santri TPA, Siswa SMA/SMK, Remaja Masjid dan Mahasiswa). 

Pada kesempatan itu Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH MH mengharapkan, agar umat islam bisa menyambut datangya bulan ramadhan dengan suka cita karena didalamnya terdapat keutamaan yang tidak ada di bulan-bulan lainnya.

“Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan pawai Tarhib Ramadhan. Dan ini sebagai tanda bagi umat muslim di Kabupaten Kuningan dapat bersuka cita menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah tahun 2023 Masehi,” kata Acep.

Bupati Acep juga mengapresiasi pawai tarhib yang digelar Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPD BKPRMI) Kabupaten Kuningan Sebagai cerminan dari Bhineka Tunggal Ika yang patut dijaga.

“Pada kegiatan ini ada wujud kebersamaan, kegotongroyongan, dimana satu sama lain saling mengasihi. Ada juga perpaduan budaya, kesenian hadrah sebagai wujud toleransi, implementasi nyata dari kebhinekaan yang tunggal ika, yang harus dijaga dan dikembangkan,” ucapnya.

Bupati Acep mengatakan, terus mendukung kegiatan-kegiatan hari besar keagamaan, seperti halnya yang dilaksanakan oleh umat muslim jelang pelaksanaan bulan ramadhan.

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah bagi umat muslim. Semoga kita selalu diberikan kesehatan,” ujarnya.

Kegiatan pawai Tarhib tersebut disambut antusias seluruh peserta dengan membawa spanduk berisi ajakan dan menyemarakkan dengan lantunan lagu Islami dalam keagungan bulan suci Ramadhan.

Ditengah kondisi cuaca yang sejuk, peserta dengan antusias mengikuti pawai tersebut. Dengan start dari halaman Pendopo Bupati  kemudian menuju finish di Masjid Syiarul Islam.

Sementara itu,  Ketua DPD BKPRMI Kuningan, Dr. Insan Nulyaman, mengatakan kegiatan ini sengaja digelar sebagai bentuk kegembiraan a atas datangnya bulan yang dinanti oleh seluruh Umat Islam.

Dikakatan,  bulan yang penuh dengan keberkahan, yaitu Bulan suci Ramadhan, Makanya, pihaknya  mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam rangka kesuksesan kegiatan ini. 

Pawai Tarhib merupakan wujud ekspresi kebahagiaan masyarakat dalam menyambut Ramadhan 1444 H.Maka ekspresi kegembiraan ini harus diarahkan dan inilah salah satu cara yang selama ini ada.

"Kami harap kegiatan ini memberikan semangat kepada masyarakat dalam menyambut bulan suci ramadhan”, ucapnya.

Pawai Tarhib Ramadhan dilaksanakan sebagai ajang dalam mensosialisasikan agar seluruh elemen masyarakat bisa memaksimalkan ibadah di bulan suci Ramadhan dengan melakukan amalan-amalan yang sesuai dengan anjuran dan tuntunan dalam agama  Islam.(dhn/rdk)

Posting Komentar untuk "Sambut Bulan Suci, Warga Kuningan Pawai Tarhib Ramadhan"