Loading...

Syeh Mansur Tokoh Ulama Islam yang Diutus Sunan Gunung Jati Menyebarkan Agama Islam di Cibulan


KUNINGAN (OKE)- Selain patilasan Prabu Siliwangi dan juga Sumur Tujuh, di Desa Maniskidul pun ada situs makam Syeh Mansur. Beliau adalah ulama besar yang diutus oleh Sunan Gunung Jati menyebarkan agama Islam di kawasan Cibulan.

Warga Cibulan harus berterima kasih karena jasa beliau agama Islam menyebar dan dianut hingga sekarang  oleh warga sekitar.

Menurut cerita Bapak Ali (pemangku adat Makam Syeh Mansur) Cibulan, dulunya Syeh Mansyur adalah seorang tokoh ulama islam yang diutus oleh Sunan Gunung Jati untuk menyebarkan agama islam di daerah Cibulan dan sekitarnya.

Ia  membuat tempat pesanggrahannya di daerah depok Sadamantra. Beliau dimakamkan di daerah Cibulan. Jarak dari sumur tujuh ke lokasi makam syeh mansur ± 30 meter ke arah utara, di lokasi makam tersebut terdapat pohon gambir, mahoni, pangsor, nunuk, lame dll.

Hingga sekarang masih banyak berziarah ke makam tersebut. Warga pun tentu tidak melupakan jasa-jasanya selama hidup. Unikunya di kawasan Cibulan warga berlimpah air hingga sekarang. 

 Nama Situs : MAKAM SYEH MANSUR

Alamat : Dusun II/Manis

Desa/Kelurahan : Manis Kidul Kecamatan : Jalaksana

Kabupaten/Kota : Kuningan Provinsi : Jawa Barat  

Koordinat : 06º 54' 599" LS

  108º 29' 155" LB

Ketinggian, dpl  : 541 m

Deskripsi :

Posting Komentar untuk "Syeh Mansur Tokoh Ulama Islam yang Diutus Sunan Gunung Jati Menyebarkan Agama Islam di Cibulan"