Loading...

Bikin Lebaran Ngemil Terus, Ini 10 Makanan Khas Kuningan yang Enak Disantap Pada Saat Idul Fitri

 

KUNINGAN (OKE)- Lebaran tiba dan saatnya merayakan bersama keluarga besar dan kerabat. Kurang seru kalau di rumah tidak ada cemilan khas Kuningan yang selalu hadir disaat Hari Raya Idul Fitri.

Kuningan bukan hanya kaya dengan wisata, tapi juga makanan khas yang dijamin berbeda dengan daerah lain. 

Kuningaoke.com akan membahas 10 makanan khas Kuningan yang sengaja dibuat untuk lebaran.


1.Malaysia

Hingga saat ini saya belum menemukan sejarah awal penamaan cemilan rasa asin yang diberi nama mirip negara jiran Malaysia, yang pasti penganan ini digoreng dan rasa "ngempros"  karena berpaduan terigu dan aci.

Menurut Sutinah penganan ini adalah tepung yang dipoles aci lalu digoreng, bentuk segi empat dan prosesnya terbilang ribet.

"Saya juga bikin karena mau lebaran, hari-hari biasa mah ga mau karena "angel"," ujar ibu dua anak itu.

                                

2.Adas

Adas adalah makanan manis berbahan kelapa, tepung ketan, gula merah. Makanan ini mirip dengan awug kalau di Bandung. 

Rasa yang manis dan enak sangat cocok disantap dengan air teh, susu ataupun kopi hangat.

"Saya bikin setiap lebaran karena memang anak-anak ketika mudik ke kampung selalu rindu dengan makanan ini," ujar Mih Erus.

3.Papais Goblog

Namanya sih unik, sebenarnya nama ini hanya sebagai orang menamainya. 

Kebanyakan mengenalnya adalah pupuntir yang terbuat dari tepung dan kelapa rasanya asin. Dinamakan papais goblog tidak ada variasi atau toping lain selain asin.   

"Kan yang lain mah ada isi, ada variasi, ini mah asin aja makanya sebagai orang menyebutkan papais goblog," jelas Eros yang kerap membuat untuk hajatan atau pada saat lebaran seperti ini.

4.Tape Ketan

Karena makanan khas tape ketan selalu dihidangkan karena tape ketan atau peuyeum Kuningan berbeda dengan di daerah lain yakni menggunakan daun katuk untuk pewarna. 

Pantang bagi perempuan yang tengah haid ikut mengolah  karena bisa merubah rasa.

Agar aman bagi penderita maag, disarankan tape digodok lagi agar proses prementasi mengendap di bawah dan akan aman ke lambung.

5.Rempeyek

Semua orang pasti pada saat lebaran menyediakan penganan yang rasanya asin itu. Ada dua varian rempek yakni menggunakan kacang dan kacang hijau.

 6.Kuwecang

Berbahan baku ketan yang dipadatakan dan mengunakan campuran air abu atau air alkali agar hasilnya kenyal dan dibungkus dengan daun bambu. Aroma dan rasanya khas. 

7. Gemlong

Siapa sih yang ga kenal gemlong? Bagi wisatawan yang berkunjung ke Kuningan wajib membawa oleh-oleh yang terbuat dari singkong. Kini bentuk dan variasi rasa lebih banyak.


8.Leupeut Kuningan

Hampir mirip dengan kwecang berbahan ketan, tapi leupeut menggunakan campuran kelapa dan kacang. Kemudian dibungkus daun kalapa, rasa lezat dan khas.

9. Cuhcur 

Di Garut istilah burayot  dan aliagrem, di Kuningan  juga  ada cuhcur. Penganan manis dari beras ketan dan gula merah ini, sebenarnya tiap daerah ada tapi cuhcur Kuningan rasanya berbeda. 



10. Papais Monyong

Sebenarnya penganan ini asli Cirebon, tapi karena wilayahnya berdekatan , di Kuningan juga tiap lebarn dan hajatan selalu dihidangkan.

Selain yang 10 ada juga Golono yang merupakan makanan rasa asin berbahan hampas tahu yang digoreng dengan dibaluri tepung terigu. 



Kemudian, ada kue khas lebaran yakni  kewuk atau tutut yang gurih dan renyah. Selai itu juga kue sagon dari tepung dan kelapa.

Posting Komentar untuk "Bikin Lebaran Ngemil Terus, Ini 10 Makanan Khas Kuningan yang Enak Disantap Pada Saat Idul Fitri "