Loading...

Dapat Remisi Lebaran, 369 Narapidana Lapas Kuningan Bahagia

 

KUNINGAN (OKE)- Lebaran adalah hari bahagia bagi umat muslim karena selama satu bulan puasa dan diakhiri dengan sebuah kemenangan. Hal ini pun dirasakan oleh narapidana yang tengah menjalani hukuman di Lapas Kuningan.

Mereka usai melaksanakan salat Idul Fitri mendapatkan remisi. Total ada 369 orang yang mendapat "hadiah"lebaran. Mereka sangat menyambut potongan hukuman  karena satu hari  pun sangat berharga, terlebih ini bervariasi tergantung perilaku mereka.

"Remisi lebaran diberikan ini hak mereka dan diberikan pada saat lebaran. Bukan hanya lebaran tapi juga natal dan juga HUT RI. Adapun rincian 369 itu adalah 367 remisi khusus sebagian (RK 1) dan 2 orang mendapatkan remisi sepenuhnya, " ujar Kalapas Kuningan Kurnia Panji Pamekas, Sabtu (22/4/2023).

Kalapas menyebutkan, remisi adalah salah satu   reward yang diberikan kepada narapidana yang senantiasa selalu berbuat baik dan terus memperbaiki diri. Sebelumnya dibacakan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM. 

Dierangkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, para napi yang beragam Islam melaksanakan salat ied di Lapangan Blok Bawah Lapas Kuningan Kelas IIA Kuningan.

Bertindak sebagai imam dan khotib adalah Ustadz Iik Ahmad Sahid dari MUI Kabupaten Kuningan. Pelaksanaan salat ied sendiri berjalan khusu dan tertib. Adapun tema yang diambil adalah " Meningkatkan Ketaqwaan Kepala Allah SWT melalui bulan Ramadhan.

Dalam sambutannya kalapas mengajak seluruh warga binaan dan petugas untuk saling memaafkan, sehingga kembali ke fitrah. Pada kesempatan itu para warga binaan pun diberikan bingkisan.

" Mari jadikan lebaran ini menjadi momentum untuk saling memanfaatkan dan mempererat silaturahmi baik sesama manusia maupun dengan sang pencipta," ucapnya.

Sementara itu, para napi yang mendapatkan remisi tampak sumringah karena pemberian potongan hukuman ini menjadi hal-hal yang dinanti, sehingga disambut suka cita.

Pengalaman berlebaran di lapas menjadi pengalaman buruk dan tentunya ingin kembali ke masyarakat, tentu  dengan penampilan baru yakni  lebih baik dari sebelumnya. (dhn/rdk)

Posting Komentar untuk "Dapat Remisi Lebaran, 369 Narapidana Lapas Kuningan Bahagia "