Loading...

Pagi-pagi Sarapan Bubur Sop Ayam Kampung Mang Hanan, Kuah Gurih dan Dagingnya Empuk

 

KUNINGAN (OKE)- Halo sahabat kuningan yang hobinya berburu kuliner pagi-pagi. Kan tubuh kita harus selalu sarapan  agar bisa kuat menghadapi kenyataan (ha..ha lebay).


Tentu pagi-pagi enaknya makan bubur ayam karena kan kondisi perut belum stabil kalau diajak makan-makanan yang berat. 

Kuningan sendiri mempunyai bubur khas yakni bubur sop. Hal ini agak berbeda dengan kebanyakan bubur ayam di Indonesia yang tidak berkuah.

Bagi perantau yang sudah lama tidak merasakan bubur kuah tentu sangat rindu karena di tempat lain tidak ada. Sedangkan bagi wisatawan yang tengah berkunjung ke kota kuda,wajib hukumnya mencicipi bubur khas Kuningan.

Selain enak, akan merasakan sensasi luar biasa karena penyajian bubur yang berbeda dari biasa. Seingat mimin memang bubur kuah langka di Indonesia. Bubur Kuningan salah satu yang enak.

Salah satu bubu kuah yang enak adalah Mang Hanan. Lokasi Berada di Pertigaan Jalan Awirarangan, atau dekat jembatan Jalan Baru. Sejak awal hadir bubur ini langsung bikin konsumen ketagihan.

Kuahnya panas dan gurih karena ada kaldu ayam kampung. Begitu juga bubur panas. Biasanya ditempat lain  bubur agak dingin karena kan nantinya disiram kuah panas.

Selain itu  ada campuran merica, bawang daun serta kacang yang membuat kita menyantap merasa enak dan segar. Jangan salah daging ayam kampungnya empuk sehingga nyaman ketika dikunyah. 

Untuk harga cukup terjangkau Rp12 ribu/porsi dan Rp8.000 untuk setengah porsi. Disediakan pula sate ati ampela  ayam kampung Rp5.000. Bahkan sop  ayam kampung pun disediakan mulai harga  Rp8 ribu hingga Rp27 ribu. 

Jam operasionalnya pagi hari dan sore hari. Setiap hari konsumen yang datang selalu banyak, baik yang makan di tempat ataupun dibungkus. Karena saking banyaknya konsumen harus bersabar antre terlebih seperti lebaran ini. 

Awalnya bubur ini berjualan di Jalan Juanda, terus bukan di pertigaan Awirarangan. Ketika pindah ke tempat baru konsumennya semakin banyak. 

Apalagi lokasinya strategis dan nyaman. Bahkan pernah juga buka di taman kota, tapi karena tidak ada pegawai terpaksa tutup.

Sebenarnya bubur khas Kuningan banyak yang enak, selain Mang Hanan, ada Bubur Abas depan Pegadaian Cilimus, Bubur Bawah Beringin Pegadaian Kuningan, Bubur Talo depan Masjid Syiarul Islam.

Kemudian, Bubur depan Ciremai Indah Jalan Siliwangi (samping Bakso Mustika), Bubur Jalan Pramuka, Bubur Winduhaji, dan Apotek Akrab.  (dhn/rdk)

Posting Komentar untuk "Pagi-pagi Sarapan Bubur Sop Ayam Kampung Mang Hanan, Kuah Gurih dan Dagingnya Empuk"