Loading...

Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, Bupati, Wabup dan Sekda Pukul Kentongan



KUNINGAN (OKE)- Desa Tangguh Bencana (DESTANA) dalam upaya meningkatkan budaya siaga dan budaya tanggap bencana di kalangan keluarga dan masyarakat, juga dalam mendukung program Kabupaten Kuningan Resilince Sociaty, yaitu mewujudkan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Hal tersebut dikatakan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH dalam kegiatan Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2023 yang yang ditandai dengan pemukulan kentongan, bertempat di Halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan. Rabu (26/4/2023).

“Melalui apel HKB, sebagai bentuk peningkatan dan penguatan terhadap kesiapsiagaan dalam upaya penyelenggaraan penanggulangan bencana, melalui upaya peningkatan kapasitas kemampuan dari tingkatan keluarga dan masyarakat berbasis kompetensi dan edukasi dalam pengelolaan penyelenggaraan penanggulangan bencana yang cepat, tepat, tangkas, tanggap serta tangguh sebagai langkah antisipasi sekaligus untuk meningkatkan wawasan pengetahuan kesadaran dan keterampilan dalam penanggulangan kejadian bencana di Kabupaten Kuningan”, Terang Acep.

Ia juga mengapresiasi kepada BPBD Kabupaten Kuningan atas gagasan mengadakan apel HKB ini, karena penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media massa, yang digambarkan melalui peran dan tanggung jawab dari kelima sektor tersebut, kita harus bersama-sama proaktif dari penanganan darurat menjadi pengurangan risiko bencana.

Terlebih Kabupaten Kuningan secara geografis, geologis, hidrologis, klimatologis dan demografi memungkinkan terjadinya bencana, baik yang disebabkan oleh alam, faktor non alam maupun faktor manusia yang menyebabkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan wilayah, antara lain bencana tanah longsor, banjir, gempa bumi, letusan gunung api, kebakaran, kekeringan serta angin puting beliung.

Lanjut Acep juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan agar tetap berhati-hati dan selalu waspada terutama yang tinggal di daerah rawan bencana dan siaga bencana tetap harus di terapkan di setiap desa dan dusun yang rawan terjadi bencana, agar ketika terjadi kebencanaan tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si, Sekretaris Daerah juga sebagai Kepala BPBD Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, Kepala Pelaksana BPBD Indra Bayu Permana, S.STP serta seluruh Petugas BPBD dan Damkar.

Posting Komentar untuk "Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, Bupati, Wabup dan Sekda Pukul Kentongan"