Loading...

Ingin Wisata ke "Lembangnya" Kuningan, Kini Ada 15 Tempat, Dijamin Libur Lebaran Berkesan

 

KUNINGAN (OKE)- Setelah seharian bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat, tentu libur lebaran lebih seru kalau dihabiskan di tempat objek wisata. Kuninganoke.com akan merekomendasikan tempat objek wisata yang ada di Kecamatan Cigugur.

Sekadar informasi  Kecamatan Cigugur selama ini dikenal sebagai pusat objek wisata di Kabupaten Kuningan. Tidak heran pada saat lebaran tempat objek wisata yang berada di bawah kaki gunung Ciremai diserbu oleh wisatawan.

Salah satu kawasan yang paling banyak dikunjungi adalah Desa Cisantana terutama blok Palutungan. Saking banyaknya objek wisata di tempat tersebut, kawasan ini kerap disebut  Lembang-nya Kuningan.

Menurut Camat Cigugur Yono Rahmansah , tahun ini total ada 15 objek wisata semua sudah bersiap menyambut libur lebaran. Bahkan, pihaknya sudah menentukan kuota yang untuk setiap objek wisata yang akan di kunjungi wisatawan.

Dikatakan, untuk sarana jalan sekarang dijamin tidak akan macet karena sudah dibuat jalan tembus ke Desa Puncak, sehingga kendaraan yang masuk satu arah, tidak seperti sebelumnya dua arah.

Sementara itu, bukan hanya tempat objek wisata di Palutungan  pun kini banyak resto dan juga kedai yang menawarkan pemandangan indah, untuk harga makanan tentu tergantung tempat. 

Kalau pembaca kuninganoke.com penasaran tinggal datang, biasanya hari kedua lebaran pengunjung membludak, karena memang hari pertama masih banyak yang silaturahmi. 

Untuk tiket masuk dan tarif harga untuk menginap bisa mengakses masing-masing  medsos. Sebab, dengan adanya penambahan fasilitas tempat  harga yang ditawarkan bisa berubah-rubah.(rdk/foto-foto dari  akun ig) .

Nama-nama Objek Wisata yang ada di Kecamatan Cigugur.

1.Sukageri View 


Tempat ini menawarkan pemandangan indah karena bisa melihat kota Kuningan dari ketinggian 1.200 Mdpl. Begitu juga Kota Cirebon. Waktu yang paling bagus adalah malam hari karena tempat ini bisa buka hingga malam hari.

Ditempat ini pun banyak spot yang sangat cocok untuk foto selfie. Dilengkapi juga dengan kolam renang dengan air yang sangat bersih karena bersumber dari mata air  gunung Ciremai 

 2.Pondok Cai Pinus


Sebenarnya tempat ini konsepnya adalah resto yang menawarkan tempat dengan view indah. Bahkan pengelola menyediakan spot-spot untuk selfie dengan bangun bangunan yang model barat sehingga pengunjung seolah dibawa ke suatu tempat seperti di luar negeri. Konsep ini merupakan hal lumrah dan banyak ditemui di Lembang.

3.Curug Landung/Jurang Landung


Air Terjun yang airnya bersumber dari  gunung Ciremai. Pengunjung bisa foto selfie atau banyakan dengan latarbelakang air curug yang indah. Selain curug juga ada Jurang Landung yang masih satu area.

Di Jurang Landung disediakan berbagai spot foto yang cocok bagi mereka yang doyan foto baik sama kekasih, suami hingga keluarga besar. Tarifnya pun terjangkau.

4.Curug Putri

Curug ini berada di kawasan Buper Palutungan. Airnya deras dan bersih. Curug ini dinamakan Curug putri karena air yang turun membentuk seorang putri yang tengah mandi.Lokasinya berada di atas Curug Landung.

5. Tenjo Laut

Tempat ini penuh dengan pohon pinus yang menawarkan udara sejuk dengan suasana yang asri. Tempat ini cocoknya untuk camping. Baik siang hari atau malam hari bisa melihat keindahan kota Kuningan.

Apabila malam hari kerlap kerlip  lampu terlihat sangat indah. Tentu cocok bagi mereka ingin yang menenangkan suasana hati.Untuk tarif pun sangat murah. 


6. Talaga Surian

Tidak jauh berbeda dengan Tenjo Laut, Talaga Surian pun cocok bagi mereka yang ingin camping. Bahkan pengelola sudah menyediakan berbagai paket yang membuat pengunjung tinggal bayar dan nikmati keindahan alam.

7.Ciremai Land Glamping


Lokasinya berada dibawah Talaga Surian. Pengelola sangat cerdas karena  mereka menawarkan view yang bagus dengan disediakan fasilitas penginapan bak di hotel.Untuk jenis menu makanan yang ditawarkan beragam.

Tempat ini menjadi favorit wisatawan dari kota-kota besar yang benar-benar ingin istirahat dari hiruk pikuk kota. Di Tempat ini keindahan Waduk Darma bisa terlihat, selain tentu kota Kuningan dan Cirebon.

8.D'Orchid 



Objek wisata ini hadir tahun 2020. Nuansa yang ditawarkan adalah seperti di negara kincir angin Belanda. Banyak spot-spot foto dengan pemandangan alam khas gunung Ciremai.

Tempat ini juga tenar di luar Kuningan karena banyak dijadikan untuk acara  gathering. Bahkan, banyak yang memilih menggelar resepsi pernikahan.Suasana indah dan juga alam  sejuk membuat yang pernah berkunjung ketagihan.

Awalnya pemilik menyukai tanaman anggrek sehingga lama menjadi taman bunga dan karena banyak disukai akhrinya dilengkapi dengan wahana lainnya.

9. Lamping Kidang

Bagi yang senang camping tempat ini jangan terlewatkan. Viewnya sangat indah sekali. Bukan hanya anak muda yang ingin  menikmati ke indah gunung Ciremai, tapi wisatawan dari kota-kota besar banyak berkunjung.

Tarifnya terjangkau lokasinya strategis membuat objek wisata yang ada di Cisantana selalu menjadi primadona bagi mereka yang haus liburan.


10.Buper Ipukan 

Pendek kata, tempat ini adalah tempat wisata yang menawarkan   keindahan alamdan bisa digunakan  camping.

11.Cai Morys Saraeland


Objek wisata yang baru  diresmikan pada Minggu (20/3/2023) itu merupakan wisata berkonsep keluarga yang mengedepankan edukasi untuk anak-anak. Tempat ini masih satu kepemilikan dengan Pondok Cai Pinus.

Di tempat ini ada miniatur perkantoran, rumah sakit dan juga bangunannya lain beserta fungsinya. Tempat ini meski terbilang baru, namun cepat dikenal luas karena memang menjadi favorit keluarga.

Tempat ini pun dilengkapi kebun binatang mini dan sekarang dilengkapi dengan villa  dengan suasan gunung namun dengan layanan hotel bintang lima.

12.Kolam Renang Cigugur /Balong Cigugur

Lokasi di pinggir Jalan Provinsi atau  tepatnya di Kelurahan /Kecamatan Cigugur. Selain bisa melihat dan berenang bersama ikan dewa, juga pengunjung bisa merasakan sensasi terapi ikan nilem mungungut.

13.Kolam Renang Mountain Park

Selain Sangkan Park, Kolam Renang Mountain Park merupakan wahana air yang menyuguhkan berbagai fasilitas. Lokasinya terletak dibawah kaki gunung Ciremai membuat pengunjung akan betah karena bisa melihat keindahan gunung dan udara sejuk.



14.Curug Sawer

Selain menawarkan curug yang airnya jernih dan deras.Ditempat ini pengunjung bisa melakukan camping, glamping,jogging wahana permainan anak dan waterfall. Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Atalia alias Ibu Cinta pernah ke lokasi ini.



15.Arunika  


Sebenarnya Arunika itu lebih dikenal sebagai tempat makan atau resto yang menawarkan berbagai menu yang enak, tapi selain itu, tempat yang baru dibangun 20 persen itu akan menjadi wisata terlengkap karena akan di lengkapi berbagi sarana.

Saat ini pengunjung selain bisa menikmati berbagi menu dengan konsep lokasi mirip di eropa, juga bisa melihat ke indah gunung Ciremai dari dekat.









Posting Komentar untuk "Ingin Wisata ke "Lembangnya" Kuningan, Kini Ada 15 Tempat, Dijamin Libur Lebaran Berkesan"