Loading...

Tiru Even Asian Games dan Olimpiade, Obor Porkam Diarak Dari Pendopo Hingga Bayuning


KUNINGAN-(OKE)- Salah satu even besar yang ditunggu-tunggu oleh warga Desa Bayuning Kecamatan Kadugede adalah Pekan Olahraga Antar Kampung alias Porkam.

Tahun ini memasuki even yang ke-XXII. Seperti tahun sebelumnya even dipusatkan di Gor Fatmawati desa setempat. Tahun ini digelar dari mulai tanggal 23-29 April dengan total 10 cabang.

Ada yang unik dari Porkam Bayuning, yakni api obor diberikan oleh Wabup Kuningan HM Ridho Suganda. Dari Pendopo Kuningan itu api diarak dengan jalan berlari hingg ke lokasi pertandingan. 

Hal ini meniru even seperti Asian Games dan Olimpiade. Cara seperti ini menjadi promosi efektif sehingga warga Kuningan menjadi hapal.  

Sementara itu, acara sendiri rangkaian pembukaan Porkam  berlangsung dengan meriah, dihadiri dan dibuka langsung oleh  Wabup Edo. Hadir juga anggota DPRD Rana Suparman, Kepala Desa Bayuning Hj. Yeni Supriani S.Pd.

Lalu, Perwakilan Danramil, Ketua BPD, LPM beserta Jajarannya, Ketua Karang Taruna, dan Ketua HIPPEMBA (Himpunan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Desa Bayuning) beserta seluruh Kepanitian, dan undangan lainnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Porkam Anton Maulana menyebutkan even  ini merupakan ajang silaturahmi antar masyarakat dengan para perantau. Kemudian, juga sarana komunikasi olahraga sekaligus menumbuhkembangkan semangat sportifitas yang tinggi serta rasa kebersamaan antar pemuda ,pelajar dan mahasiswa.  

Kegiatan yang berlangsung selama sepekan itu, mewakili lima dusun yang ada yakni Dusun Puhun, Dusun Manis, Dusun Pahing, Dusun Wage dan Dusun Kliwon. Adapun cabor yang dipertandingkan adalah bola voli, tenis lapangan, futsal, tarik tambang.

Kemudian, catur, tenis  meja, e-sport mobile legend, serta dua bidang keagamaan yakni tahfidz , MTQ dan adzan. Even ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu warga.

Sementaraitu,  Wabup Edo  menyampaikan rasa bangga dan penghargaan pada Pemuda Pelajar Mahasiswa Bayuning yang telah berinisiasi mewujudkan turnamen kerakyatan dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1444 H yang bertujuan sebagai ajang silaturahmi dalam kebersamaan antar masyarakat yang berdomisili di desa dengan para perantau dalam bentuk gelaran PORKAM.

Ia  berharap agar pelaksanaan Porkama  dapat berlangsung dengan junjung tinggi sportifitas dalam pertandingan untuk menjaga kegiatan tetap kondusifitas sampai acara selesai. Meskipun pertandingan olahraga masih level kampung semoga dapat membawa para pesertake level yang profesional.

 “Saya mengapresiasi pada Desa Bayuning yang mempunyai inisiasi kegiatan ini  semoga dapat diikuti oleh desa-desa lainnya yang berada di Kabupaten Kuningan," sebutnya.

Pasca wabup sambutan , acara dilanjut dengan menyalakan obor api Porkam oleh Wakil Bupati Kuningan yang didampingi para undangan lainnya. Hal ini sebagai tanda dimulai even besar bagi warga setempat.

Posting Komentar untuk "Tiru Even Asian Games dan Olimpiade, Obor Porkam Diarak Dari Pendopo Hingga Bayuning "