Loading...

Harapan Pemuda Indonesia dan Harmoni Anak Negeri Berkolaborasi Hadirkan Mesratren

 

KUNINGAN (OKE)- Terobosan baru dilakukan oleh anak muda yang tergabung pada Harapan Pemuda Indonesia dan Harmoni Anak Negeri. Mereka berdua melakukan kolaborasi dengan menggelar acara Mesrantre.

Kolaborasi digelar  di Pondok Pesantren Al-Mutawally ini menjadi terobosan baru dalam meningkatkan kerukunan antar umat beragama. Adapun tema yang diangkat "Silaturrahmi dalam karya dengan Bingkai Keberagaman Inklusif untuk Perdamaian yang berkelanjutan". 

Dengan Tagline Silaturrahmi dalam Karya, Laila Nihayati selaku Founder Harapan Pemuda Indonesia (HPI) menegaskan bahwa saat ini permusuhan semakin marak terjadi, Mesratren harusnya menjadi tren anak muda dalam menjaga kerukunan, soridaritas dalam berbangsa dan bernegara.

"Polemik yang terjadi tentang perbedaan yang berhujung terjadinya konflik baik individu maupun kelompok menjadi tantangan besar untuk kita semua," ujar Laila Nihayati, Senin (10/4/2023) sore.

Dikatakan, hadirnya kegiatan Mesratren tentunya menjadi mesra yang tren bagi kalangan anak muda dalam menjadi kerukunan dan solidaritas berbangs.

Kegiatan ini dihadiri 30 peserta dari berbagai agama yakni Islam, Katolik, Protestan dan Hindu. Dibuka oleh Kabag Setda Kuningan Kesra H. Nunung Nurjati, S.Pd, M.Si. 

Menurut H Nunung mengatakan, acara ini tentunya harus didukung dan diapresiasi agar mampu menjadi contoh yang bisa diadopsi berbagai daerah dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama, semoga acara ini bisa berlanjut dan memberi dampak yang besar untuk bangsa Indonesia.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan sesi diskusi tentang perdamaian yang dihadiri oleh Andy Prawira kusuma selaku Founder PeaceMaker Indonesia dan Prof. Didin Nurul Rosyidin. P.hd. selaku Direktur Pondok Pesantren Al-Mutawally. 

Acara ini ditutup dengan buka puasa bersama dan sekaligus menjadi acara pembukaan Mesratren yang akan dilaksanakan selama empat hari kedepan. 

Sebagai penutup Laila Nihayati berpesan kepada anak muda untuk tetap menjaga keharmonisan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Pancasila memiliki nilai-nilai keharmonisan dalam perbedaan, tentunya nilai-nilai inilah yang menjadi pedoman dalam menjaga kita semua tetap utuh dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Sudah saatnya anak muda tidak berhenti dalam kolaborasi dan Silaturrahmi dalam karya," sebutnya.(dhn/rdk)

Posting Komentar untuk "Harapan Pemuda Indonesia dan Harmoni Anak Negeri Berkolaborasi Hadirkan Mesratren"