Loading...

Lebaran Pertama Tanpa PPKM, Pemudik ke Kuningan Diprediksi Membludak


KUNINGAN (OKE)- Menjelang lebaran petugas gabungan melakukan pemeriksaan terhadap armada bus  yang ada di Terminal Type A Kertawangunan. Pemeriksaan kelaikan bus atau ramp check dilakukan pada Rabu (12/4/2023) pagi.

Petugas yang terlibat pelaksanaan tersebut Satlantas polres Kuningan, Dishub Kabupaten Kuningan, Dinkes Kabupaten Kuningan, BNNK Kuningan serta Jasa Raharja.

Satu persatu bus angkutan Lebaran yang akan berangkat membawa pemudik diperiksa petugas. Pemeriksaan dilakukan mulai dari kelengkapan surat-surat, rem, lampu penerangan, klakson, hingga ban. Kelengkapan kendaraan seperti alat pemukul kaca, hingga APAR turut diperiksa.

Hasilnya dari delapan bus, dua diantaranya tidak diizinkan jalan, karena tidak memiliki kelengkapan pada APAR dan adanya seat belt yang tidak terpasang. Sedangkan untuk surat-surat kelengkapan kendaraan sudah memenuhi syarat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, M. Mutofid, menurutnya, terdapat 50 bus yang masuk ke Terminal Kertawangunan, namun baru delapan bus yang diperiksa.

"Total ada 50 kendaraan yang masuk ke terminal ini, yang diperiksa hari ini ada delapan, dua kendaraan tidak laik jalan," ungkapnya.

Seluruh bus laik jalan, kata Mutofid, namun untuk bus yang tidak lengkap pada alat penunjang keselamatan, pihaknya tidak mengizinkan bus tersebut untuk jalan.

"Semua kendaraan laik jalan, namun hanya tidak lengkap pada fasilitas, yang tidak laik jalan itu tidak ada aparnya dan ada yang kadaluarsa, kita tahan dulu untuk melengkapinya," katanya.

Selain memeriksa kondisi dan kelengkapan bus, petugas pun memeriksa kondisi dari sopir bus, pemeriksaan dilakukan dengan melakukan tes kesehatan, seperti gula, darah, hingga narkoba.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Kuningan, AKP Vino Lestari, mengatakan, Lebaran tahun ini diprediksi akan terjadi peningkatan arus lalu lintas, dijalur mudik hingga jalur wisata.

"Untuk tahun ini kami lebih fokus pada tempat wisata, karena tahun ini merupakan libur lebaran  pertama tanpa PPKM, jadi kami prediksi akan ada peningkatan arus di tempat wisata dan jalur mudik," ujarnya.

Jika terjadi kepadatan saat mudik Lebaran, lanjut Vino, Polres Kuningan akan melakukan pembatasan kendaraan besar, dan pengalihan arus lalu lintas. 

"Rekayasa lalu lintas nanti akan kita amati, namun untuk kendaraan besar akan kita batasi, jika terjadi kepadatan nanti kita akan alih kan ke jalan baru (lingkar timur)," lanjutnya.

Vino memprediksi, peningkatan arus lalu lintas akan terjadi pada H-7 dan H-5 Lebaran, saat masyarakat sudah memasuki libur Lebaran.

"Kita prediksi akan terjadi peningkatan arus mudik yang melintas wilayah Kuningan pada H-7 dan H-5 lebaran, karena masyarakat mulai pada libur," pungkas Vino.

Posting Komentar untuk "Lebaran Pertama Tanpa PPKM, Pemudik ke Kuningan Diprediksi Membludak"