Loading...

Di Purwasari Selain 2 Pohon Tumbang Timpa Rumah juga Terjadi Longsor

 

KUNINGAN (OKE)- Kabupaten Kuningan pada akhir bulan Maret dan juga awal April banyak terjadi bencana. Hal ini akibat cuaca yang hujan. Bukan hanya banjir, longsor, tapi juga pohon tumbang dan sambaran petir.

Lokasi bencana pun menyebar tidak di satu titik tapi juga diberbagai daerah. Untuk Sabtu dan Minggu (1-2/3/2023)  terjadi juga  di Desa Purwasari Kecamatan Garawangi. Di wilayah yang dulu dikenal sebagai sentra pabrik roti terjadi dua bencana yakni pohon tumbang dan longsor.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Indra Bayu Permana,  pohon  tumbang terjadi  Sabtu (1/3/2023). Sedangkan info masuk  Minggu, 02 April 2023 Pukul 15.10 WIB. Adapun lokasinya adalah Dusun Sampora RT 009 RW 005.

Di lokasi itu,  ada dua pohon tumang yakni petai dan albasiah  yang menimpa atap rumah bagian belakang(dapur) milik Bpk. Sukri (70 th, 1 KK 4 jiwa). Adapun ukuran petai   T= 25 m, Diameter Ǿ= 80 cm.

Kemudian, pohon jenis Albasiah ukuran T= 30 m, Diameter Ǿ= 70 cm tumbang. Lalu, yang tertimpa (satu) unit rumah rusak sedang, rusak bagian atap (genteng ±500 buah pecah). Akibat pohon tumbang aliran listrik pun putus.

"Penyebabnya, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang pada hari Sabtu, 1 April 2023 mulai pkl. 13.30 WIB -19.00 WIB," ujarnya kalak. 

Lebih lanjut kata Indra, di Purwasari di dusun yang sama terjadi tanah longsor pada Sabtu pukul 14.30 WIB. Adapun insidennya adalah  TPT belakang rumah milik Bpk. Rakim (58 th, 1 KK 3 jiwa) longsor mengakibatkan bagian dinding dan atap asbes kamar belakang ukuran 3 m x 3 m roboh terbawa longsor.

"Satu  unit kolam ikan milik Bapak Ahdini (45 th, 1 KK 5 jiwa) tertutup longsoran. Penyebabnya sama karena hujan.Aparat Desa beserta masyarakat membantu keluarga Bapak Rakim untuk pindah tinggal sementara ke rumah orang tuanya," ujarnya. (rdk)


Posting Komentar untuk "Di Purwasari Selain 2 Pohon Tumbang Timpa Rumah juga Terjadi Longsor "