Loading...

Jelang Lebaran, Begini Arahan Bupati ke Anggota Kodim Kuningan

KUNINGAN (OKE)- Bupati Kuningan H Acep Purnama pada Kamis (13/4/2023) hadir di Makodim Kuningan guna mengikuti apel pagi. Dalam apel rutin itu orang nomor satu memberikan pengarahan jelang Hari Raya Idul Fitri kepada para anggota Kodim.

Bupati Acep menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota TNI terutama yang bertugas di  Kodim 0615 Kuningan, karena hampir setiap momen di masyarakat selalu ada dan hadir bersama-sama.

“Pada saat bencana alam, Musyawarah Desa, kegiatan kemasyarakatan, pembangunan dan juga kegiatan sosial lainnya selalu ada TNI, saya berharap kerjasama yang sudah terjalin antara Pemerintah Daerah dengan Kodim 0615 harus tetap terjaga dengan baik, oleh karena itu mari kita bahu membahu menciptakan situasi yang aman dan nyaman di tengah masyarakat” Kata Acep

Lebih lanjut, dalam rangka meningkatkan ketentraman dan ketertiban Bupati Acep mendorong peran serta TNI agar terlibat lebih pro aktif terlebih menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

“Saya berharap TNI dapat meningkatkan kesiapsiagaan secara aktif, apalagi musim penghujan dan kemungkinan terjadinya bencana di beberapa wilayah rawan bencana dan selalu berkoordinasi intensif antara TNI, POLRI, dan Perangkat Daerah terkait serta memberikan dukungan diantara ketiganya.”

Adapun dukungan kolaborasi dari ketiganya, Kata Acep, seperti : yang pertama, Melakukan deteksi dini situasi dan kondisi trantibum yang berpotensi mengalami gangguan yang disebabkan antara lain oleh adanya aksi terorisme, pencurian, penodongan, sweeping oleh organisasi masyarakat (ormas).

Kemudian, yang kedua, Menjamurnya “pasar tumpah” di beberapa daerah, kemacetan, monitoring terhadap ketersediaan pasokan kebutuhan bahan pokok, distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tidak lancar, penggunaan petasan, bentrokan antar warga, serta pengawasan terhadap jam operasional tempat hiburan malam.

Yang ketiga, Melakukan monitoring pelaksanaan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H serta memberdayakan peran satlinmas di Desa dan Kelurahan dalam melaksanakan pengamanan dan ketertiban lingkungan .

Lalu,  Melakukan patroli gabungan dan penjagaan serta pengawasan secara berkala di tempat-tempat yang berpotensi munculnya gangguan trantibum serta tempat-tempat wisata yang berpotensi timbulnya kerumunan masyarakat;

Yang Keempat, Pengawasan dan penjagaan/penyekatan di titik-titik jalur masuk kendaraan ke wilayah masing-masing. Dan terakhir, meningkatkan peran aktif masyarakat melalui tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat dalam mencegah dan menyelesaikan potensi gangguan trantibum yang disesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing.

Posting Komentar untuk "Jelang Lebaran, Begini Arahan Bupati ke Anggota Kodim Kuningan"