Loading...

Pesantren Kilat di Masjid Al-Muawwanah Hadirkan Diskominfo, Usung Tema Pandai Bicara, Lincah Menulis

KUNINGAN (OKE)- Guna menyemarakan  Bulan Suci  Ramadhan Generasi Muda Kelurahan Winduhaji,  mengikuti pesantren kilat (Sanlat)  di  Masjid Al-Muawwanah. Untuk mengisi acara menghadirkan juga  dari  Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Kuningan dengan pembahasan belajar  ilmu komunikasi “Pandai Bicara, Lincah Menulis”, pada Kamis (7/4/2023).

Nana Suhendara, M.Pd perwakilan dari Diskominfo menyampaikan, siapapun kita, dan kelak apa profesi kita, membujuk, merayu, mempengaruhi, mengajak, menasehati, mengajar, bahkan menguasai orang lain dalam jumlah banyak membutuhkan ilmu dan keahlian tersendiri. Inilah pentingnya belajar ilmu komunikasi untuk bicara di depan publik (Public Speaking)

Secara tehnik  hal yang perlu diperhatikan untuk Public Speaking, Nana menyebutkan, kuasai materi dan diri sendiri, percaya diri di hadapan audiensi, konsentrasi, kejelasan dan ketepatan penyampaian, memperhatikan bahasa tubuh, perhatikan jeda, intonasi, pesona suara,  melibatkan perasaan, dan memilih metode penyampaian.

“Ilmu yang paling penting terkait bicara di depan publik adalah betapa perlu adanya kebenaran, keteladanan, kekuatan, melibatkan perasaan, dan semangat,” ungkapnya.

Untuk menjadi penulis, Nana memaparkan, pertama yang harus dilakukan dengan rajin membaca karena akan menambah pembendaharaan kata. Seterusnya  pahami struktur, unsur dan aturan  apa yang harus dipenuhi dalam tulisan tersebut. 

Apapun itu jenis tulisannya, baik menulis artikel, cerpen, buku, laporan, surat, proposal, sambutan, karya ilmiah, berita, membuat narasi, caption dan lainnya. Apalagi sekarang adanya perkembangan transformasi digital.

Dalam kesempatan tersebut, Nana juga melatih langsung bagaimana cara bicara dimuka umum dengan mengajak maju kedepan. Ditambah lagi setiap peserta untuk mencurahkan sebuah tulisan rasa cita dan terima kasih  pada kedua orang tua atas kebaikannya yang tak terhingga, kemudian membacanya.

Nana menitipkan sehebat apapun kita memiliki kemampuan pandai bicara. Jangan sekali-kali berdebat dengan  kedua orang  tua, melainkan harus mengalah. Ini sebagai bentuk memuliakan orang tua.

“Begitu juga disaat menjadi penulis handal, jangan menulis  sesuatu hal yang tidak berkenan atas apa dari kedua orang tua, para guru, saudara, sahabat. Tapi tulislah kebaikannya karena ini akan menumbuhkan kecintaan yang berdampak pada ketenangan dan kedamaian hati,” pesan Nana yang yang diiringi Sholawat Nabi.

Menurutnya, jadikanlah  lisan dan jari kita sebagai media untuk menebar kebaikan, memberikan kabar gembira  di ruang nyata maupun di ruang digital. Kendati hal kecil yang disampaikan,  semoga akan membuka ruang pikiran dan hati setiap yang mendengarkan atau membaca untuk berlomba-lomba dalam kebaikan ‘Fastabiqul Khairat’,” harapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pesantren Kilat Ramadhan 1444 H/2023 Vega Maulana didampingi Faturrachman  Koordinator Divisi Kurikulum menyampaikan,  Sanlat diadakan dengan tujuan menyemarakan Bulan Ramadhan.

Hal ini agar anak muda bisa menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang tenang, menyenangkan,  bermanfaat dengan  belajar ilmu agama,  pengetahuan dan kegiatan memakmurkan masjid lainnya.

Untuk agenda kegiatan Ia menyebutkan, mulia   22 Maret hingga 6 April 2023, yaitu  Study Islam Intensif  seperti  belajar  tajwid, tauhid, tarekh, akhlak, fiqih, dan hafalan. Selain itu ada pengetahuan umum seperti hari ini belajar tentang ilmu komunikasi. Hal ini penting sebagai bekal generasi muda akan kemampuan bicara dan menulis.

Dilanjutkan hingga 15 April mulai buka bersama, evaluasi, perlombaan, penutupan, dan tak ketinggalan semarak Pawai Obor Malam Hari Raya Idul Fitri. Untuk peserta sebanyak 654 mulai dari tingkat anak hingga remaja.

“Alhamdulillah Sanlat   sudah berlangsung tiap tahun, bahkan pesertanya terus bertambah. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas dukungannya,” ungkapnya.(rdk)

Posting Komentar untuk "Pesantren Kilat di Masjid Al-Muawwanah Hadirkan Diskominfo, Usung Tema Pandai Bicara, Lincah Menulis"